Breaking News:

Berita Bulungan Terkini

2022 Perkuat Food Estate, Dinas Pertanian Bulungan Pastikan Beri Pendampingan Maksimal Ke Petani

2022 perkuat food estate, Dinas Pertanian Bulungan pastikan beri pendampingan Maksimal ke petani.

TRIBUNKALTARA.COM/GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI
Proses Tanam Bibit Pertanian Padi di jalan Padaelo, Tanjung Selor Hilir Kabupaten Bulungan Selasa (11/1/2022) (TRIBUNKALTARA.COM/GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI) 

TRIBUNKALTARA.COM, BULUNGAN - 2022 perkuat food estate, Dinas Pertanian Bulungan pastikan beri pendampingan Maksimal ke petani.

Dinas Pertanian Bulungan Tahun 2022 sedang fokus benahi pengembangan kawasan food estate sebagai salah satu arah kebijakan pembangunan pertanian kearah peningkatan produksi dan penguatan cadangan pangan.

"Ini program super prioritas ini harus ditangani secara extraordinary salah satunya lewat pendampingan yang intensif dan harus maksimal ya tahun 2022," Kadis Pertanian Achmad Yani Selasa (11/1/2022).

Baca juga: Budi Dikabarkan Hilang di Muara Bulungan, Tim SAR Sempat Lakukan Pencarian, Eh Ternyata di Penjara

Untuk mencapai target maksimal pengembangan food estate di Bulungan, Achmad Yani akan tingkatkan Indeks Penanaman (IP) menjadi 4 kali dalam 1 tahun.

"Tahun ini IP-nya kita tambah, sehingga panennya tidak hanya sekali, tapi bisa sampai 4 kali dalam setahun, karena selama ini baru sekali," ucapnya.

Menurutnya, Indeks Penanaman (IP) atau masa tanam dan panen selama tahun 2021 lalu di Bulungan hanya berlangsung 1 kali.

"Tahun kemarin hanya sekali paling maksimal dua kali, di lahan sawah pertanian tanjung buka, ini yang kita pacu pembenahan semua," ujarnya.

Tak hanya itu, pada tahun 2022 ini Achmad Yani akan memprogramkan meningkatkan skala Indeks Penanaman Padi 400 setiap 1 lahan pertanian.

"Padi 400 merupakan pilihan yang menjanjikan guna meningkatkan produksi padi nasional tanpa memerlukan tambahan fasilitas irigasi dan pembukaan lahan baru, konsepnya satu tahun di hamparan sawah yang memiliki irigasi sepanjang tahun, dapat ditanami padi selama empat kali," ungkapnya.

Baca juga: Peringatan Dini BMKG Selasa 11 Januari 2022, Kabupaten Bulungan Berpotensi Diguyur Hujan Malam Ini

Selain itu, agar mencapai Indeks Penanaman (IP) 400, Achmad Yani masih lakukan tahap penelitian varietas apa yang cocok di lahan pertanian.

"Tentu mencapai IP 400, tentu kami sedang lakukan penelitian untuk varietas apa yang cocok di tanam dalam setahun bisa menghasilkan panen padi selama 4 kali," ujarnya.

Begitu pula dengan memenuhi kebutuhan ketersediaan pupuk subsidi, Achmad Yani telah menyusun Rencana Definitif Kebutuhan Kelompoktani (RDKK).

"Jadi mereka merencanakan dulu sarana produksi pertanian dan alsintan untuk satu musim/siklus yang disusun berdasarkan musyawarah anggota kelompok tani, kemudian kita usulkan bantuan subsidi ke kementrian pertanian," ucapnya.

Baca juga: Dapat DAK Rp 219 Miliar, Pembangunan Infrastruktur Bulungan Bergantung pada Pemerintah Pusat

Sementara itu, untuk mencapai IP 400 Achmad Yani sedang koordinasi kepada ketua kelompok tani untuk optimalisasi lahan pertanian subur.

Penulis : Georgie Sentana Hasian Silalahi

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved