Breaking News:

Berita Kaltara Terkini

Dinkes Kaltara Ungkap Alasan Hanya Tana Tidung yang Belum Bisa Mulai Vaksinasi Anak 6-11 Tahun

Dinkes Kaltara ungkap alasan hanya Tana Tidung yang belum bisa mulai Vaksinasi Covid-19 anak 6-11 tahun.

TRIBUNKALTARA.COM / MAULANA ILHAMI FAWDI
Puluhan siswa SD saat mengikuti vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Gedung Tamaddun, Rabu (15/12/2021), vaksinasi anak di Bulungan kali ini adalah bagian dari Kick Off vaksinasi anak di Kaltara (TRIBUNKALTARA.COM / MAULANA ILHAMI FAWDI) 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Dinkes Kaltara ungkap alasan hanya Tana Tidung yang belum bisa mulai Vaksinasi Covid-19 anak 6-11 tahun.

Pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun telah dimulai di Kaltara pada Desember 2021 lalu.

Dua daerah yakni Tarakan dan Bulungan mengawali vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Kaltara, selanjutnya ada Nunukan yang telah menjalani vaksinasi anak.

Baca juga: Tanggapi DPRD Kaltara, Dinkes Sebut Capaian Vaksinasi Covid-19 Kaltara Masuk 10 Besar Nasional

Namun, sampai saat ini masih ada satu daerah di Kaltara yang belum memulai vaksinasi anak, yakni Kabupaten Tana Tidung atau KTT.

Menurut Kepala Dinkes Kaltara Usman, KTT belum menjalani vaksinasi anak, lantaran salah satu syaratnya belum terpenuhi.

Yakni angka vaksinasi lansia harus di atas 60 persen, sedangkan berdasarkan data update vaksinasi per 10 Januari, cakupan vaksinasi lansia di KTT baru sebesar 41,5 persen.

"Vaksinasi anak sudah berjalan, tinggal satu kabupaten saja yang belum kami rekomendasikan," kata Usman, Selasa (11/1/2022).

"Itu di KTT, karena cakupan vaksinasi lansia belum 60 persen, karena itu persyaratannya, sedangkan untuk Malinau kemarin itu sudah memenuhi syarat karena sudah di atas 60 persen," terangnya.

Usman mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemkab KTT, untuk mempercepat cakupan vaksinasi lansia, mengingat sasaran vaksinasi lansia di KTT tidak terlalu besar yakni sekitar 1.000 orang.

"Kita akan komunikasi dengan KTT untuk upaya-upaya percepatan seperti jemput bola, karena KTT tidak terlalu besar sasarannya," ujarnya.

Baca juga: Tindaklanjuti LHP BPK, DPRD Kaltara Harap Dinas Kesehatan Optimalikan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19

Pihaknya berharap, pihak Pemkab KTT dapat segera meningkatkan cakupan vaksinasi lansia, menurutnya hal tersebut penting agar vaksinasi anak usia 6-11 tahun dapat dimulai.

"Jadi tinggal bagaimana edukasi masyarakat, karena itu jadi syarat, sayang kalau itu anak 6-11 tahun belum divaksin karena cakupan lansianya belum terpenuhi," tuturnya.

Sebagai informasi, hingga 10 Januari 2022, cakupan vaksinasi anak usia 6-11 tahun mencapai 31 persen, di mana Tarakan menjadi daerah dengan cakupan tertinggi mencapai 66,9 persen disusul Bulungan 25,7 persen dan Nunukan 7,4 persen.

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved