Breaking News:

Berita Bulungan Terkini

Sejumlah Titik Alami Kerusakan, Tahun ini Dinas PUPR Bulungan Akan Perbaiki Sheet Pile & Ruas Jalan

Sejumlah titik alami kerusakan, tahun ini Dinas PUPR Bulungan akan perbaiki sheet pile dan ruas jalan.

TRIBUNKALTARA.COM/GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI
Jalur Track Jogging Tepian Sungai Kayan dan Sheet Pile Mulai Rusak (TRIBUNKALTARA.COM/GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI) 

TRIBUNKALTARA.COM, BULUNGAN - Sejumlah titik alami kerusakan, tahun ini Dinas PUPR Bulungan akan perbaiki sheet pile dan ruas jalan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Bulungan Khairul mengungkapkan, tahun ini telah merancang membenahi sejumlah ruas jalan rusak termasuk sheet pile tembok tepian sungai kayan.

"Ya sementara jalan semangka itu sudah kita tangani, tapi sifatnya tidak permanen hanya hamparkan aggregat saja dan dicampur semen sedikit, ke depan PUPR akan coba pakai material baru dari teknologi jakarta dan sudah lapor pak bupati," ungkapnya Selasa (11/1/2022).

Baca juga: Pemprov Kaltara Klaim Daerah Bebas Virus Corona Varian Omicron, Satgas Covid-19: Untuk Saat ini

Termasuk perbaikan jalan longsor di Salimbatu dan Tengkapak, Tepian Sungai Kayan akan dipasang Sheet Pile (Dinding Penahan Tanah) Khairul sebut sudah lakukan observasi.

"Yang di Tengkapak, Salimbatu tahun ini kita akan ada kegiatan untuk penanganan longsor, akibat tanah mulai kena abrasi,"ucapnya.

"Kita juga lagi mengelolah hasil dari observasi di lapangan dan untuk bahan materialnya masih dipertimbangkan apakah pakai sheet pile atau batu beronjong, atau beton, kalau sheet file di lebong itu anggaran APBD bisa mencapai Rp 5-6 milliar," kata Kepala Dinas PUPR Khairul.

Untuk titik rawan longsor akibat abrasi di Bulungan lainnya, Khairul hanya bisa menyesuaikan dengan APBD 2022 untuk PUPR yang ada.

Menurutnya penyebab beberapa ruas jalan rusak dan longsor yang berada di pinggiran sungai ini amblas, bahkan tanahnya sudah terkikis, akibat abrasi.

Baca juga: Budi Dikabarkan Hilang di Muara Bulungan, Tim SAR Sempat Lakukan Pencarian, Eh Ternyata di Penjara

"Apabila air sungai sudah pasang dipastikan tanah pinggir sungai akan terendam dan pasti terkikis ya longsor akibat abrasi, ini sedang kami pelajari untuk penanganan selanjutnya," ucapnya.

Sementara itu, keadaan tanah pinggir sungai menghawatirkan kalau terjadi longsor terus menerus. Ia juga telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, agar di cek lapangan dan ada tindakan preventif. 

Penulis : Georgie Sentana Hasian Silalahi

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved