Breaking News:

Berita Kaltara Terkini

Pemprov Kaltara Tarik Retribusi Sewa Kios Pasar Panca Agung? Disperindagkop Kaji Pendapatan Pedagang

Pemprov Kaltara tarik retribusi sewa kios di Pasar Panca Agung? Disperindagkop Kaltara kaji pendapatan pedagang.

TRIBUNKALTARA.COM/GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI
Plt Disperindagkop Provinsi Kalimantan Utara Hasriyani (TRIBUNKALTARA.COM/GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI) 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Pemprov Kaltara tarik retribusi sewa kios di Pasar Panca Agung? Disperindagkop Kaltara kaji pendapatan pedagang.

Mengenai akan memberlakukan tarif retribusi untuk sewa kios di Pasar modern Panca Agung yang berlokasi Desa Panca Agung, Kecamatan Tanjung Palas Utara.

Disperindagkop Kaltara akan lakukan kajian pendapatan para pedagang dan pangsa pasar di tempat tersebut.

Baca juga: Vaksinasi Booster Dimulai, Satgas Covid-19 Kaltara Sebut untuk Sasaran Lansia di Kabupaten dan Kota

"Tentu ini kami masih lakukan kajian di lapangan tentang pendapatan dan pangsa pasar mereka, dengan memberikan akses silakan pedagang lakukan aktivitas jualan pasa yang sudah terbangun itu," kata Plt Disperindagkop Kaltara Hasriyani Rabu (12/1/2022).

Hasriyani menambahkan pula, pada tahun 2021 lalu, Disperindagkop Kaltara telah mengusulkan peraturan daerah (Perda) retribusi kepada DPRD Provinsi Kaltara.

"Artinya gini, aset pasar yang dibangun pemprov, tujuannya memang untuk dimanfaatkan masyarakat, tentu diharapkan ada feedback juga ke kita yaitu pemasukan buat APBD," ucapnya.

Terkait, menerapkan tarif retribusi pasar Hasriyani memahami pasti akan berdampak membebani para pedagang pasar akibat pandemi Covid-19.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Kaltara Rabu 12 Januari 2022, Sejumlah Wilayah di Bulungan Diguyur Hujan Ringan

"Efek pandemi ini banyak pedagang mengeluhkan sepi pembeli, bahkan rest area di pasar panca agung sempat beberapa kali sepi pengunjung, ini yang khawatirkan jika harus secepatnya kami beri tarif retribusi," jelasnya.

Harapanya, terkait penetapan tarif retribusi di pasar Panca Agung, Disperindagkop Kaltara akan berhati-hati mengambil kebijakan agar tidak memberatkan pedagang.

"Kita tetap harus bijak untuk menetapkan tarif retribusi sewa kios, jangan sampai penetapan kita, merugikan pedagang," ujarnya.

Selain itu, untuk menetapkan tarif retribusi sewa kios di pasar panca agung, Hasriyani ingin mengadakan pertemuan dahulu dengan para pedagang.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Kaltara Rabu 12 Januari 2022, Tiga Wilayah di Tana Tidung Diprediksi Hujan Ringan

"Kita akan lakukan mediasi dengan kepala desa dan pedagang untuk keputusan retribusi apa saja kedepannya," ujarnya.

Kendati demikian, bila telah ditetapkan tarif retribusi sesuai Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Utara Hasriyani tidak ingin ada pihak yang merasa dirugikan.

"Kita akan betul-betul melihat bisa mensejahterahkan pedagang yang ada, juga pasar bisa bertumbuh, jangan sampai kebijakan tarif retribusi ini memberatkan mereka, ini harus keputusan bersama," ucapnya.

Penulis : Georgie Sentana Hasian Silalahi

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved