Breaking News:

Berita Malinau Terkini

Saran Atlet Profesional untuk Olahraga Malinau, Permbinaan Kontinyu & Jaring Atlet Usia Dini

Atlet professional, Kiper Timnas Futsal Putri, Citra Adisti menyampaikan potensi olahraga bola kaki di Malinau.

Penulis: Mohamad Supri | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI
Ilustrasi, kegiatan olahraga futsal di Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa hari lalu. 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Atlet professional, Kiper Timnas Futsal Putri, Citra Adisti menyampaikan potensi olahraga bola kaki di Malinau.

Pendiri dan pelatih sekolah futsal CAFA sekaligus atlet profesional futsal putri ini menyarankan pentingnya pola pembinaan berkelanjutan.

Menurut Citra, setelah mengikuti turnamen futsal di Malinau baru-baru ini, hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah soal pembinaan atlet-atlet daerah.

Baca juga: Diperkuat Kiper Timnas, IBC Juara Turnamen Futsal Putri Fernando Cup Malinau Tanpa Kebobolan Gol

"Memang di Malinau punya potensi calon-calon atlet potensial. Tinggal perlu manajemen yang baik, pembinaan kontinyu dan latihan intensif," ujarnya kepada TribunKaltara.com, pada acara selebrasi Tim IBC.

Khususnya bagi Cabor yang serius untuk melahirkan atlet berkualitas, Citra menjelaskan pentingnya menjaring atlet sejak usia dini.

Baca juga: Aktifkan Kegiatan Olahraga, Alumni Smansa Nunukan Gelar Turnamen Futsal, Disparpora: Ingat Prokes

Sebab, dibutuhkan waktu untuk membentuk karakter dan mental calon atlet. Hal tersebut juga penting untuk jenjang karir profesional.

"Harus ada pembinaan intensif. Penjaringan atlet muda sejak dini penting untuk membentuk mental dan karakter mereka. Lebih awal lebih bagus. Idealnya pembinaan sejak usia sekolah dasar," katanya.

Ilustrasi, kegiatan olahraga futsal di Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa hari lalu.
Ilustrasi, kegiatan olahraga futsal di Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa hari lalu. (TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI)

Citra mengatakan ada dua poin plus yang dimiliki remaja dan calon atlet muda di Malinau. Stamina dan mentalitas.

Selanjutnya, mengasah kemampuan melalui latihan intensif. Citra turut menerangkan peran penting pelatih dalam pembinaan keolahragaan.

Baca juga: Jelang Porprov, Pengcab di Malinau Ramai-ramai Gelar Turnamen, Giat Jaring Calon Atlet Potensial

"Di sini mental dan stamina mereka bagus, tinggal pembinaan kontinyu dan latihan rutin. Termasuk perlu ada pelatih yang konsen di bidangnya," ucapnya.

Diberitakan Sebelumnya, Citra Adisti berkunjung ke Kabupaten Malinau atas permintaan koleganya, Manager Intimung Ballers Cup, Arnold Max untuk memperkuat tim futsal putri dalam turnamen futsal lokal.

(*)

Penulis : Mohammad Supri

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved