Breaking News:

Berita Bulungan Terkini

Vaksin Booster Dimulai Hari Ini Dilakukan di Dinkes Bulungan, Masyarakat Belum Terlalu Antusias

Pemerintah Kabupaten Bulungan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan vaksinasi booster mulai hari ini, Kamis (13/1/2022).

TRIBUNKALTARA.COM/ GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI
Kantor Dinas Kesehatan Bulungan Kamis (13/1/2022). 

TRIBUNKALTARA.COM, BULUNGAN - Pemerintah Kabupaten Bulungan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan vaksinasi booster mulai hari ini, Kamis (13/1/2022).

Penyuntikan vaksin booster ini dilakukan dengan cara heterolog atau pemberian vaksin dengan merek berbeda dari dosis pertama dan kedua.

Kepala Bidang Pencegahan, Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Bulungan, dr Velix Toding mengungkapkan, penyuntikan vaksin booster dengan cara heterolog sudah dilakukan pembahasan dengan Pemprov Kaltara dan pemerintah pusat.

Baca juga: Vaksin Booster Dimulai, Satgas Covid-19 Kaltara Sebut Masyarakat Dapat Datangi Layanan Vaksinasi

“Jadi  pelayananan vaksinasi booster dengan heterolog hari ini  masih belum terjadi kepadatan antusias di Dinas Kesehatan Bulungan," kata Velix. 

Lanjutnya, calon penerima vaksinasi booster bisa mendapatkan suntikan setelah enam bulan pemberian vaksin dosis lengkap atau dua dosis.

Baca juga: Tiga Hari Lagi, RSUD dr H Jusuf SK Laksanakan Vaksinasi Booster, Target 150 Dosis Tiap Hari

“Vaksinasi Booster diberikan sama persyaratannya seperti vaksin pada umumnya, dan setelah suntik para calon dapat dosis 3 kita edukasi dahulu,” ujarnya.

Artinya, jika dosis lengkap menggunakan merek Sinovac maka untuk vaksinasi booster calon penerima akan diberikan vaksin jenis Pfizer atau AstraZeneca.

“Satu suntikan diberikan setengah dosis (half dose),” ungkapnya.

Vaksinasi booster Covid-19 di Kabupaten Tana Tidung belum dilaksanakan. (TRIBUNKALTARA.COM / RISNA)
Vaksinasi booster Covid-19 di Kabupaten Tana Tidung belum dilaksanakan. (TRIBUNKALTARA.COM / RISNA) (TRIBUNKALTARA.COM / RISNAWATI)

Jika dosis lengkap menggunakan AstraZeneca maka jenis vaksin Moderna yang diberikan kepada calon penerima vaksinasi booster.

“Untuk ukuran dosis sama saja. Setengah dosis,” bebernya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved