Breaking News:

Berita Bulungan Terkini

Khawatir Disalahgunakan & Ada Proker Baru Menag, Kemenag Bulungan Bakar 4.000 Buku Nikah Stok Lama

Khawatir disalahgunakan & ada proker baru Menag, Kemenag Bulungan bakar 4.000 buku nikah stok lama.

TRIBUNKALTARA.COM/GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI
Kegiatan Pemusnahan 4 Ribu Buku Nikah di Belakang Kantor Kemenag Bulungan (TRIBUNKALTARA.COM/GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI) 

TRIBUNKALTARA.COM, BULUNGAN - Khawatir disalahgunakan & ada proker baru Menag, Kemenag Bulungan bakar 4.000 Buku Nikah stok lama.

Sebanyak 4 ribu Buku Nikah stok lama yang belum dipakai di Kantor Kemenag Bulungan, Jumat (14/1/2022) dimusnakan karena tidak lagi sesuai regulasi yang sekarang.

"Pada hari ini pemusnahan 4 ribu Buku Nikah, atas mengikuti arahan regulasi yang ditentukan Kemenag RI, dan agar tidak disalahgunakan," kata Kepala Kemenag Bulungan Saimin Jumat (14/1/2022).

Baca juga: Kapal Motor Mengangkut Barang Nyaris Karam di Muara Sungai Kayan Bulungan, Dua Mobil Terendam

Lebih lanjut, Saimin pun menerangkan kegiatan pemusnahan Buku Nikah dapat terjadi, karena faktor program kerja baru Menteri Agama RI.

"Menurut regulasi menteri agama RI yang baru, program fisik pembaharuan Buku Nikah itu, akan diperbaharui," ujarnya.

Tak hanya itu, pembakaran Buku Nikah  dilakukan karena sudah tidak terpakai lagi sehingga khawatir disalahgunakan oleh orang yang tidak bertangungjawab.

"Lalu Buku Nikah yang dimusnahkan merupakan cetakan lama dan akan diganti Buku Nikah cetakan baru, tentu inikan mengikuti kebijakan pak menteri agama baru yang harus kita patuhi," ucapnya.

Dikatakan Saimin, saat ini Kemenag RI sedang gencar sosialisasi meluncurkan kartu nikah baru yang jauh lebih simpel ukurannya seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan ATM.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Kabupaten Bulungan Jumat 14 Januari 2022 Pagi hingga Sore Cerah Berawan

"Mulai senin pekan depan, kami akan gencar sosialisasi kepada pasangan suami istri baru menikah di KUA, di acara pernikahan dalam gedung, kita sampaikan, bahwa ini ada kartu nikah baru, yang simple di bawa kemana-mana," ujarnya.

Selain itu, pada kegiatan pemusnahan Buku Nikah pun turut dihadiri juga Kepala Bagian (Kabag) TU Kakanwil Kemenag, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Provinsi Kaltara dan Kabupaten Bulungan.

Penulis : Georgie Sentana Hasian Silalahi

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved