Breaking News:

Berita Tarakan Terkini

Pelni Perbolehkan Syarat Perjalanan Pakai Rapid Antigen, Imbau Penumpang Ada Aplikasi PeduliLindungi

Upaya mendukung pemerintah dalam hal penerapan aplikasi PeduliLindungi, Kantor PT  Pelni Cabang Tarakn.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH
Asmar Joni, Kepala Kantor Pelni Cabang Tarakan 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Upaya mendukung pemerintah dalam hal penerapan aplikasi PeduliLindungi, Kantor PT  Pelni Cabang Tarakn juga sudah mulai ikut menerapkan kepada penumpang. Meski demikian, syarat perjalanan bagi penumpang kapal laut masih bisa menggunakan rapid antigen.

Dikatakan Asmar Joni, Kepala Kantor PT Pelni Cabang Tarakan, dalam rangka mendukung pemerintah mencegah penyebaran Covid-19, dari sisi dokumen perjalanan penumpang sebaiknya memiliki aplikasi Peduli Lindungi.

“Karena ini akan terafiliasi ke PeduliLindungi dan terbaca di sistem kami. Misalnya persyaratan antigen 1x24 jam dan sudah vaksin Covid-19 dosis pertama dan dosis kedua,” ungkap Asmar Joni.

Baca juga: Kantongi IC Malaysia, Pria Ini Diamankan Imigrasi Nunukan Saat Ingin Naik Kapal Pelni Ke Sulawesi

Ia melanjutkan, di sistem penjualan tiket sendiri ketika calon pembeli tiket belum terbaca melakukan vaksinasi sampai dosis kedua, maka otomatis tidak bisa dicetakkan tiketnya.

“Itu filter pertama. Filter kedua, di sistem saat boarding setelah penumpang validasi dengan KKP untuk antigennya, kami akan mengecek lagi apakah vaksinya sudah dua kali begitu juga antigennya apakah bukan palsu,” bebernya.

Baca juga: Jelang Nataru PT Pelni Lakukan Pembatasan hingga 70 Persen, Layani Calon Penumpang yang Sudah Vaksin

Ketika ditemukan antigen bermasalah, maka tidak bisa ikut berangkat. Dalam hal ini Pelni bekerja sama dengan klinik yang menyediakan pelayanan antigen.

“Masyarakat bisa antigen dulu baru pesan tiket. Lebih memudahkan perjalanan dan dokumen kelengkapannya,” beber Asmar.

Adapun layanan rapid antigen bisa dilakukan langsung di Kantor PT. Pelni Cabang Tarakan yang berlokasi di Jalan Kusuma Bangsa Nomor 100, Kelurahan Gunung Lingkas, Kecamatan Tarakan Timur.

Aktivitas kedatangan kapal penumpang Pelni di Pelabuhan Malundung Kota Tarakan. TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH
Aktivitas kedatangan kapal penumpang Pelni di Pelabuhan Malundung Kota Tarakan. TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH (TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH)

“Nominalnya hanya Rp 109.000. Ini untuk memudahkan dan memberikan kenyamanan bagi penumpang,” bebernya.

Lebih jauh ia menambahkan, pemesanan tiket saat ini bisa sevara online via website, kemudian aplikasi PELNI Mobile dan kontak center 162.

Baca juga: Tiket Pelni Tarakan Terjual Habis, Lonjakan Arus Balik Hari Raya Idul Fitri Diprediksi Bulan Depan

Tata caranya dibeberkan Asmar, calon penumpang sudah divaksin minimal dosis pertama. Calo peumpang melakukan rapid test antigen atau pengambilan sampel 1x24 jam sebelum keberangkatan kapal atau bisa menggunakan swab test PCR 2x24 jam sebelum keberangkatan kapal.

“Calon penumpang diimbau menginstal aplikasi PeduliLindungi untuk memudahkan pemeriksaan sertifikat vaksinasi dan hasil tes rapid antigen atau PCR,” pungkasnya.

(*)

Penulis: Andi Pausiah

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved