Breaking News:

Lawan Covid19

Kasus Covid-19 Varian Omicron Naik, Pemerintah Justru Cabut Larangan Masuk Indonesia, Apa Alasannya?

Kasus Covid-19 varian Omicron di Indonesia terus naik, namun Pemerintah justru mencabur larangan bagi pendatang dari 14 negara masuk Indonesia.

Editor: Sumarsono
TribunKaltara.com / Cornel Dimas Satrio
Ilustrasi Suasana di Bandara Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah. Pemerintah mencabut larangan pelaku perjalanan dari luar negeri masuk Indonesia. (TribunKaltara.com / Cornel Dimas Satrio) 

TRIBUNKALTARA.COM, JAKARTA – Kasus Covid-19 varian Omicron di Indonesia terus naik, namun Pemerintah justru mencabur larangan bagi pendatang dari 14 negara masuk Indonesia.

Update kasus Virus Corona varian Omicron di Indonesia per Jumat (14/1/2022) tercata ada penambahan 66 kasus, dari sebelumnya 605 kasus.

Hingga saat ini, total kasus varian Omicron di Indonesia menjadi 572 sejak pertama terkonfirmasi pada 27 November 2021 silam.

Dari 66 penambahan tersebut, 33 orang di antaranya merupakan kasus transmisi local, ssementara 33 lainnya merupakan pelaku perjalanan luar negeri.

“Sebanyak 276 orang telah selesai menjalani isolasi dan dinyatakan sembuh dari Omicron,” demikian disampaikan Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi, melalui keterangan tertulis.

Baca juga: Kasus Covid-19 Varian Omicron Bertambah Jadi 318 Orang, Didominasi Pelaku Perjalanan Luar Negeri

"Dari hasil pemantauan di lapangan, mayoritas gejalanya ringan dan tanpa gejala. Jadi belum butuh perawatan yang serius,” kata Siti.

Dari hasil monitoring Kemenkes, kasus probable Omicron mulai naik sejak awal tahun 2022. Kasus ini mayoritas berasal dari pelaku perjalanan luar negeri.

Pemerintah mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan ke luar negeri terlebih dahulu.

Namun, di tengah naiknya kasus varian Omicron yang didominasi pelaku perjalanan dari luar negeri, Pemerintah justru mencabut larangan masuk ke Indonesia untuk 14 negara.

Pencabutan larangan itu tertuang dalam Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 02 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri Masa Pandemi Covid-19 berlaku mulai 12 Januari 2022.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved