Kasus Penggelapan Sapi

BREAKING NEWS- Demi Beli Sabu dan Judi Online, Pria Ini Nekat Gelapkan 17 Ekor Sapi

Pria di Sebatik diduga menggelapkan sebanyak 17 ekor sapi ternak milik majikannya pada Minggu (16/01/2022), dini hari,

Penulis: Febrianus Felis | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ HO-Randhya
Tersangka R (44) diamankan ke Mako Polsek Sebatik Timur, Sabtu (22/01/2022), siang. 

TRIBUNKALTARA.COM, NUNUKAN - Pria di Sebatik diduga menggelapkan sebanyak 17 ekor sapi ternak milik majikannya pada Minggu (16/01/2022), dini hari.

Kapolsek Sebatik Timur, Iptu Randhya Sakhtika menjelaskan tersangka R (44) merupakan penjaga kandang sapi milik Syahrudin (korban) yang juga warga Sebatik.

"Sekira pukul 01.00 Wita, korban meminta tolong kepada tersangka R untuk mengeluarkan 5 ekor sapi dari kandang. Setelah menyuruh tersangka R, korban beristirahat di pondok terdekat," kata Randhya Sakhtika kepada TribunKaltara.com, Minggu (23/01/2022), pukul 11.00 Wita.

Baca juga: Dari Sawit hingga Daging Sapi, Kalimantan Utara Siapkan Ekspor Komoditas Unggulan Pertanian

Lanjut Randhya, begitu korban sadarkan diri, ia tidak melihat lagi keberadaan tersangka R.

Karena mulai curiga, keesokan harinya korban berkeliling di kandang dan menghitung kembali jumlah sapi miliknya.

"Setelah dihitung, jumlah sapinya tersisa 19 ekor. Sementara sepengetahuan dia sapi ternak miliknya di kandang itu ada 36 ekor. Jadi ada 17 ekor sapinya yang digelapkan," ucapnya.

Baca juga: Lepas Sapi Ternak di Tempat Umum, Seorang Warga Tarakan Didenda Rp 500 Ribu

Korban lalu melaporkan adanya dugaan penggelapan sapi ternak oleh tersangka R, pekerjanya.

"Selama dua hari kami melakukan penyelidikan dan tepatnya hari Sabtu (22/1) personel Unit Reskrim Polsek Sebatik Timur berhasil mengetahui keberadaan tersangka R yang bersembunyi di sebuah pondok yang berada di Desa Lapri," ujarnya.

Menurut Randhya, saat petugas melakukan penangkapan terhadap tersangka R, ia balik melakukan perlawanan dengan menggunakan pisau badik yang diselipkan di badannya.

Sapi untuk kurban mulai disiapkan oleh sejumlah peternak di Tangerang. Simak ketentuan dan cara memilih hewan kurban menurut Ustaz Khalid Basalamah dan Pakar IPB.
Sapi untuk kurban mulai disiapkan oleh sejumlah peternak di Tangerang. Simak ketentuan dan cara memilih hewan kurban menurut Ustaz Khalid Basalamah dan Pakar IPB. (Warta Kota/Nur Ichsan)

Hingga akhirnya personel Unit Reskrim Polsek Sebatik Timur memberikan hadiah timah panas pada betis kaki kiri.

"Personel kami sempat berikan tembakan peringatan tapi diabaikan oleh tersangka, sehingga petugas memberikan tindakan tegas dan terukur terhadap pelaku," tuturnya.

Randhya mengaku, setelah dintrogasi aksi tersangka R untuk menggelapkan sapi ternak sejak Juni 2021 hingga meraup keuntungan puluhan juta rupiah.

Baca juga: Tukar 2 Ekor Ayam dengan Sabu Milik WNA Malaysia, Satresnarkoba Polres Nunukan Tangkap Warga Sebatik

Adapun modus yang dilakukan oleh tersangka R, yakni menawarkan ternak sapi kepada calon pembeli dengan harga yang lebih rendah.

"Tersangka melakukan aksinya secara bertahap dan telah dilakukan sebanyak tiga kali dalam rentang waktu Juni sampai Desember 2021. Keuntungan yang diperoleh tersangka sekira Rp45.000.000," ungkapnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved