Tips Otomotif

Waspadai Efek Telat Ganti Oli Mobil, Mesin Bisa Kehilangan Tenaga dan Lebih Boros Bahan Bakar

Bagi yang sering telat mengganti oli mobil, sebaiknya kebiasaan itu dihentikan. Pasalnya hal tersebut dapat berakibat fatal bagi mobil.

Suzuki
Penggantian oli motor 

TRIBUNKALTARA.COM - Bagi yang sering telat mengganti oli mobil, sebaiknya kebiasaan itu dihentikan. Pasalnya hal tersebut dapat berakibat fatal bagi mobil.

Ada banyak efek telat ganti oli mobil yang sangat merugikan. Penggantian oli mesin biasanya berpatokan pada kilometer, yaitu setiap 5.000, 7.500 dan 10.000 km.

Lebih dari angka tersebut, mesin bisa mengalami keausan karena kualitas oli mobil menurun. Keausan ini terjadi karena kotoran sisa pembakaran yang dikenal dengan gram akan mengendap ke dalam oli.

Oli yang tadinya kental lama kelamaan menjadi lebih cair dan kotor sehingga tidak bisa bekerja melumasi secara optimal. Jika sudah begitu akan ada efek buruk yang harus ditanggung, apa saja itu?

Baca juga: Ini Daftar Mobil Tertua di Dunia, Kecepatannya Masih 1,6 Km Per Jam

Efek Telat Ganti Oli Mobil Harus Diketahui Pemilik Kendaraan

Mengganti oli tidak hanya berpatokan saja pada kilometer. Bagaimana jika mobil jarang digunakan, apakah oli bisa bertahan lebih lama? Jawabannya tidak.

Kualitas oli mesin pada mobil yang tidak digunakan sampai tiga bulan lebih juga akan menurun. Oli yang tadinya bening akan berubah menjadi kehitaman. Jadi walaupun mobil didiamkan saja dan km tidak bertambah oli bisa rusak.

Keterlambatan pemilik kendaraan dalam mengganti oli pun akan ada dampaknya. Efek telat ganti oli mobil pun sangat merugikan bahkan bisa merusak mesin yang menjadikan Anda harus keluar lebih banyak dana untuk perbaikan.

Baca juga: Bukan Hanya BPKB dan STNK, Ini Surat Jual Beli Mobil yang Harus Dipenuhi

Berikut ini beberapa efek yang harus diwaspadai akibat telat ganti oli mobil dikutip dari situs Suzuki:

Mesin Tidak Lagi Bertenaga

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved