Berita Malinau Terkini

Festival Seni dan Budaya Dayak Lundayeh Dimulai Besok di Malinau, Rangkaian Acara Dijadwal Sepekan

Persekutuan Dayak Lundayeh (PDL) Kabupaten Malinau menjadwalkan festival seni dan budaya mulai besok, Senin (21/2/2022).

Penulis: Mohamad Supri | Editor: Amiruddin
TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI
Pelaksanaan festival seni dan budaya tahun 2022 di Panggung Kesenian Padan Liu Burung Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa hari lalu. (TRIBUNKALTARA.COM / MOHAMMAD SUPRI) 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Persekutuan Dayak Lundayeh (PDL) Kabupaten Malinau menjadwalkan festival seni dan budaya mulai besok, Senin (21/2/2022).

Pementasan seni dan budaya tersebut dijadwalkan akan digelar sepekan, mulai besok, Senin hingga Minggu (27/2/2022) mendatang.

Bupati Malinau, Wempi W Mawa menyampaikan festival seni dan budaya tersebut sebelumnya telah digelar 2 pekan lalu oleh Lembaga Adat Dayak Tahol Malinau.

Baca juga: Dukung Program Strategis Nasional, Wempi W Mawa: 3 Program Inovasi untuk Penguatan SDM di Malinau

Bertujuan untuk melestarikan seni, budaya dan kearifan lokal masyarakat di Kabupaten Malinau melalui pentas kesenian dan budaya.

"Kegiatan ini kita jadwalkan bergiliran. Pemerintah daerah memfasilitasi wadahnya, di Pro Sehat, Padan Liu Burung. Kegiatan ini sebagai wadah pelestarian seni dan budaya kita," ujarnya.

Wempi W Mawa yang juga merupakan Ketua PDL Malinau tersebut juga bertujuan sebagai stimulus ekonomi utamanya bagi pelaku UMKM.

Pelaksanaan festival seni dan budaya tahun 2022 di Panggung Kesenian Padan Liu Burung Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa hari lalu.
(TRIBUNKALTARA.COM / MOHAMMAD SUPRI)
Pelaksanaan festival seni dan budaya tahun 2022 di Panggung Kesenian Padan Liu Burung Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa hari lalu. (TRIBUNKALTARA.COM / MOHAMMAD SUPRI) (TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI)

Saat ini Kabupaten Malinau kembali memperpanjang PPKM level 1 bersama 2 kabupaten di Kaltara berdasarkan Inmendagri 11/2022.

Pelaku UMKM dipersilahkan berjualan di Lansekap Pro sehat Malinau, dan pertunjukan tersebut terbuka untuk pengunjung dengan syarat menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

"Selain melestarikan budaya, secara tidak langsung kita turut membantu UMKM melalui kegiatan ini. Bisa ajak keluarga menghadiri dan memberikan dukungan dengan tetap mematuhibl protokol kesehatan," katanya.

Jadwal pelaksanaan festival seni dan budaya Persekutuan Dayak Lundayeh Malinau dijadwalkan pembukaannya pada Senin sore (21/2/2022) di Panggung Kesenian Padan Liu Burung Malinau.

Festival tersebut bakal menampilkan kesenian daerah seperti tari-tarian, musik tradisional hingga ragam acara perlombaan selama sepekan.

Baca juga: Tujuh Cabor Dapat Rapor Merah, Bupati Malinau Wempi W Mawa: Anggaran Hanya untuk yang Aktif

(*)

Penulis : Mohammad Supri

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved