Berita Daerah Terkini

Pengcab Kagama se-Kaltim Gelar Rakor di Kota Bontang, Sinergi Kembangkan Program Desa Inklusi

Desa Inklusif binaan Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) bersama Kementerian Desa (Kemendes) saat ini di 238 Kota/Kabupaten di Indonesia.

Editor: Sumarsono
IST
Pengcab Kagama se-Kalimantan Timur menggelar koordinasi program di Café Jimbaran, Kota Bontang, Sabtu (19/2/2022). Dalam pertemuan juga bahas soal program Desa Inklusif yang akan terus dikembangkan di Kota/Kabupaten di Kaltim. 

TRIBUNKALTARA.COM, BONTANG - Desa Inklusif binaan Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) bersama Kementerian Desa (Kemendes) saat ini ada di 238 Kota/Kabupaten di Indonesia.

Desa-desa tersebut dijaring dari usulan Pengda Kagama setiap provinsi, setelah melalui evaluasi bersama di tingkat Pengurus Pusat Kagama, implementasi program Desa Inklusif bisa dijalankan.

Dalam pelaksanaan program tersebut Kagama melibatkan seluruh potensi alumni dan kemitraan dengan berbagai lembaga di daerah.

Desa Karya Jaya, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara telah mendapat pendampingan dari Kagama sebagai “pilot project” Desa Inklusif.

Baca juga: Kagama Balikpapan Peduli Penyandang Thalasemia, Kunjungi dan Beri Donasi untuk Pasien di RSKD

Selain masalah tata ruang lahan yang sedang proses di Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR/BPN), saat ini tengah berlangsung Bimbingan Teknis (Bimtek) Desa Pintar yang dilaksanakan Satgas Desa Inklusif Kagama.

Sementara proses tersebut berjalan, diharapkan sudah muncul usulan-usulan program serupa untuk dilaksanakan oleh Pengcab Kagama di Kota/Kabupaten lainnya.

Kerjasama ini sangat penting karena Pengcab Kagama merupakan perpanjangan tangan Kagama hingga di tingkat Kota/Kabupaten.

Menindaklanjuti hal tersebut, pada Sabtu, 20 Februari 2022 kemarin, seluruh Pengcab Kagama se-Kalimantan Timur menggelar silaturahmi sekaligus koordinasi program.

Pengcab Kagama se-Kalimantan Timur menggelar silaturahmi sekaligus koordinasi program di Café Jimbaran Desa Bontang Kuala, Kota Bontang, Sabtu (19/2/2022).
Pengcab Kagama se-Kalimantan Timur menggelar silaturahmi sekaligus koordinasi program di Café Jimbaran Desa Bontang Kuala, Kota Bontang, Sabtu (19/2/2022). (IST)

Kegiatan ini berlangsung di Café Jimbaran Desa Bontang Kuala, Kota Bontang dihadiri Pengda Kagama Kaltim, Pengcab Kagama Bontang, Kutai Timur, Kutai Kartanegara, Samarinda, dan Balikpapan.

Turut bergabung dalam pertemuan tersebut Manajer CSR PT Pupuk Kaltim (PKT) Bontang, Direktur PT Kaltim Nusa Etika (KNE) dan Direktur PT Kaltim Industrial Estate (KIE) anak usaha PKT.

Kehadiran pimpinan perusahaan tersebut terkait dengan pembukaan komunikasi dan kerjasama pihak swasta untuk mendukung program Desa Inklusif maupun program Kagama yang lain.

Baca juga: Kagama Luncurkan Program Desa Pintar, Pilih Desa Karya Jaya sebagai Pilot Project

Ketua Pengcab Kagama Kota Bontang, Ririn Sari Dewi selaku penyelenggara pertemuan menyampaikan selamat datang kepada Pengcab Kabupaten/Kota lain yang hadir.

Selain itu juga mengharapkan pada pertemuan seperti ini dapat menjadi ajang tukar informasi dan saling mendukung antar Pengcab Kagama se-Kalimantan Timur.

Hal senada diungkap oleh Penasehat Kagama Bontang Nur Sahid.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved