Prakiraan Cuaca

Prakiraan Cuaca Jumat 25 Februari 2022, BMKG: 29 Daerah Berpotensi Hujan Lebat, Kaltara Tak Termasuk

Prakiraan cuaca hari ini, Jumat 25 Februari 2022, BMKG memprediksi 29 daerah di Indonesia berpotensi hujan lebat, Kalimantan Utara tak termaasuk.

Editor: Sumarsono
TRIBUNKALTARA.COM/ FEBRIANUS FELIS
Cerah berawan di Tugu Dwikora, Alun-alun Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara) belum lama ini. 

TRIBUNKALTARA.COM - Prakiraan cuaca hari ini, Jumat 25 Februari 2022, BMKG memprediksi 29 daerah di Indonesia berpotensi hujan lebat, Kalimantan Utara (Kaltara) tak termasuk.

Rilis peringatan yang disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) akan terjadi cuaca ekstrem di sejumlah daerah pada Jumat (25/2/2022) hari ini.

Seperti yang dilansir di web.meteo.bmkg.go.id, bibit siklon tropis 99S terpantau di Laut Timor yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Australia Barat bagian utara hingga Laut Timor.

Sistem ini juga menginduksi peningkatan kecepatan angin hingga mencapai > 25 knot (low level jet) yang terpantau dari Laut Banda hingga Laut Arafuru bagian barat.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Kabupaten Tana Tidung Kamis 24 Februari 2022, 4 Wilayah Ini Diprediksi Hujan Ringan

Sirkulasi Siklonik terpantau di Laut Natuna dan di Samudra Hindia selatan Jawa Timur yang membentuk daerah konvergensi di sekitar sistem tersebut.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Selat Malaka hingga Aceh, dari Semenanjung Malaysia hingga Kep. Bangka Belitung, dari Laut Jawa bagian timur hingga perairan Kep. Selayar.

Selanjutnta, dari perairan timur Kalimantan Utara hingga Kalimantan Timur, dari Samudra Pasifik utara Papua Barat hingga Laut Halmahera, dari Papua Barat hingga Papua, dan dari Kep. Kai hingga Papua bagian selatan.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah bibit siklon tropis/pusat tekanan rendah/sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Cuaca ekstrem yang dimaksud meliputi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Berikut 29 wilayah tersebar di kabupatemn/kota diperkirakan berpotensi hujan lebat disertai kilat/petir hingga angin kencang pada Jumat, 25 Februari 2022:

ACEH

Langsa, Aceh Tamiang, Leuser, Cot Girek, Aceh Barat Daya, Aceh Singkil, Aceh Selatan, Aceh Jaya, Aceh Timur, Aceh Utara, Bakongan.

BALI

Bali bagian timur, tengah, selatan.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Kota Tarakan Rabu 23 Februari 2022, Pagi Berawan, Siang Cerah Berawan

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved