Berita Malinau Terkini

Kabupaten Malinau Kekurangan Tenaga Pendidik, BKPP Tawarkan 2 Opsi Permudah Penerimaan PPPK Guru

Tahun 2021 lalu, sebanyak 290 kuota penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK Guru di Malinau.

Penulis: Mohamad Supri | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI
Ilustrasi, Tenaga pendidik sedang mengajar di sekolah jenjang SMP di Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa waktu lalu 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Tahun 2021 lalu, sebanyak 290 kuota penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK Guru di Malinau.

Data Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Malinau, Setelah melalui 2 tahap penerimaan, baru 104 peserta yang dinyatakan lulus.

Kepala BKPP Malinau, Marson Langub mengatakan hal ini menjadi fokus pihaknya. Sebab, hanya 35,8 persen kuota PPPK Guru yang terisi saat ini, Kamis (3/3/2022).

Baca juga: DPRD Malinau Soroti Kekurangan Guru & Nakes, Perlu Pengadaan PPPK Jalur Khusus

Sementara kebutuhan guru di Kabupaten realitanya lebih banyak daripada kuota yang difasilitasi pemerintah melalui penerimaan PPPK Guru.

"Tahun lalu, ada penerimaan PPPK guru dan sebanyak tahap 1 ada 62 yang lulus, begitu juga yang kedua. Jadi tahap 1 dan 2 ini baru 104 yang lulus," ujarnya.

Baca juga: Bupati Tana Tidung Bakal Serahkan Komputer Jinjing untuk Tenaga Pendidik, Satu Laptop 1 Guru

Marson mengusulkan dua tawaran untuk memudahkan peserta yang merupakan guru kontrak di Malinau menembus seleksi PPPK di tahun mendatang.

Yakni melalui jalur penerimaan prioritas di wilayah 3T. Upaya ini menurutnya merupakan upaya legislasi yang membutuhkan dorongan ke pihak Pemerintah Pusat melalui DPRD Malinau.

Ilustrasi, Tenaga pendidik sedang mengajar di sekolah jenjang SMP di Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa waktu lalu
Ilustrasi, Tenaga pendidik sedang mengajar di sekolah jenjang SMP di Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa waktu lalu (TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI)

Atau, tawaran paling rill menurutnya adalah bimbingan intensif kepada peserta yang akan mengikuti tes. Melalui pembekalan pra tes untuk pendaftar asal Malinau.

"Atau ada orang atau lembaga yang bisa memberikan bimbingan kepada peserta. Contohnya dalam bentuk Bimbingan Pra tes. Tinggal diatur siapa pihak atau lembaga yang berkapasitas untuk itu," katanya.

Baca juga: Lindungi Tenaga Pendidik Keagamaan, Pemprov Jabar dan BPJS Ketenagakerjaan Bukukan Rekor MURI

Sebelumnya diberitakan, permasalahan tersebut sempat menjadi bahasan DPRD dan BKPP Malinau terkait kendala penerimaan PPPK Guru dan proporsi tenaga pendidik dan tenaga kesehatan di Malinau.

(*)

Penulis : Mohammad Supri

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved