Berita Kaltara Terkini

Dishub Pastikan Semua Bandara di Kaltara Terapkan Aturan Syarat Perjalanan Terbaru

Dishub Kaltara memastikan semua bandara yang ada di Kaltara menerapkan kebijakan teranyar mengenai syarat perjalanan domestik.

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ MAULANA ILHAMI FAWDI
Petugas di Bandara Tanjung Harapan, Tanjung Selor saat sedang memeriksa eHAC calon penumpang pesawat sebelum melakukan check-in, Rabu (9/3/2022). 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Dishub Kaltara memastikan semua bandara yang ada di Kaltara menerapkan kebijakan teranyar mengenai syarat perjalanan domestik.

Diketahui, berdasarkan aturan terbaru, pelaku perjalanan yang telah menjalani vaksinasi Covid-19 dosis dua atau dosis tiga tak lagi diwajibkan untuk menunjukan hasil negatif Covid-19 dari tes antigen atau PCR.

Adapun untuk pelaku perjalanan yang baru menjalani vaksinasi dosis satu, masih harus menunjukan hasil tes antigen minimal 1x24 jam sebelum keberangkatan atau hasil tes PCR minimal 3x24 jam sebelum keberangkatan.

Baca juga: Bandara Tanjung Harapan Mulai Terapkan Kebijakan Syarat Perjalanan Tak Lagi Wajib Antigen & PCR

Kabid Pengembangan Transportasi Dishub Kaltara, Andi Nasuha mengatakan, setiap bandara yang ada di Kaltara, tentunya akan mematuhi surat edaran yang telah dikeluarkan oleh Satgas Covid-19 Nasional dan Kemenhub RI.

"Kalau dari edarannya memang seperti itu, jadi kita harapkan semua berlaku mulai hari ini," kata Andi Nasuha, Rabu (9/3/2022).

Baca juga: Sudah Vaksin Dosis Kedua & Ketiga, Naik Pesawat Tidak Perlu Tunjukkan Swab Test PCR atau Antigen

"Di Tanjung Harapan, Tanjung Selor sudah, di Juwata, Tarakan juga sudah diberlakukan," sambungnya.

Terkait bandara perintis, Andi Nasuha mengatakan, tidak semua bandara perintis memiliki petugas pemeriksaan seperti halnya KKP.

Petugas Bandara Tanjung Harapan, Tanjung Selor saat tengah memeriksa kelengkapan syarat perjalan penumpang pesawat, Selasa (8/3/2022).
Petugas Bandara Tanjung Harapan, Tanjung Selor saat tengah memeriksa kelengkapan syarat perjalan penumpang pesawat, Selasa (8/3/2022). (TRIBUNKALTARA.COM/ MAULANA ILHAMI FAWDI)

Namun, dia memastikan tiap penumpang yang menuju bandara perintis di daerah pedalaman atau perbatasan, sudah melewati proses skrining sebelumnya di bandara awal seperti halnya Bandara RA Bessing, Malinau.

Baca juga: Perjalanan Domestik Tak Lagi Wajib Antigen & PCR, Bandara Tanjung Harapan Masih Tunggu Surat Edaran

"Kalau bandara perintis itukan tidak ada petugas kesehatan di sana, tapi biasanya dari bandara pemberangkatan seperti dari Bandara Malinau juga sudah diskrining," katanya.

(*)

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved