Berita Tarakan Terkini

9 Pejabat Lolos Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, Walikota Sebut Pilih yang Gesit Bekerja

Akhirnya masing-masing tiga nama telah diumumkan lolos seleksi oleh Pansel Jabatan Pimpinsn Tinggi Pratama di lingkungan Pemkot Tarakan.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH
Wali Kota Tarakan, dr. Khairul, M.Kes. 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Akhirnya masing-masing tiga nama telah diumumkan lolos seleksi oleh Pansel Jabatan Pimpinsn Tinggi Pratama di lingkungan Pemkot Tarakan.

Tahapan selanjutnya, tiga nama di masing-masing instansi yang saat ini akan diisi jabatannya akan diwawancarai secara khusus Wali Kota Tarakan.

Dikatakan Wali Kota Tarakan dr. Khairul, ia sudah menerima nama-nama dari Pansel. Sudah ada masing-masing tiga nama yang dilaporkan ke pihaknya.

“Selanjutnya saya akan memilih mereka yang tiga besar ini. Saya akan wawancara dulu mereka dan diserahkan ke pejabat pimpinan kepegawaian dan saya akan wawancarai mereka,” ujarnya.

Baca juga: Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, 11 Pejabat Bersaing Isi 3 Jabatan Lowong di Pemkot Tarakan

Artinya meskipun di urutan pertama dalam laporan tertulis belum tentu terpilih. Karena sejak awal ditetapkan dipilih tiga terbaik masing-masing instansi yang formasi pimpinannya sedang kosong.

“Tiga itu memenuhi syarat untuk dipilih salah satunya. Nomor satu dua dan tiga kalau dia wawancaranya bagus, dan saya sudah melihat sehari-harinya. Rata-rata pejabat saya sudah tahu karakternya,” beber Khairul.

Hanya mendalami ide-ide yang ingin dipaparkan walaupun lanjutnya sebelumnya sudah memaparkan di hadapan pansel.

Baca juga: Tak Penuhi Kuota Minimal, Selter Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Pemprov Kaltara Bisa Diperpanjang

“Nanti saya juga akan tanya secara pribadi karena ada misi khusus yang mau saya titipkan ke mereka untuk memperbaiki sebuah organisasi,” jelasnya.

Lanjutnya, biasanya itu ada perjanjian kinerja secara tidak tertulis dengan kepala daerah. Karena itu pejabat tinggi pratama lebih banyak pada sektor kebijakan.

Secara spesifik kriteria yang diinginkan olehnya minimal bisa mengimbangi, gesit bekerja, dan tidak mengenal waktu dalam bekerja.

Wali Kota Tarakan, dr. Khairul, M.Kes.
Wali Kota Tarakan, dr. Khairul, M.Kes. (TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH)

“Kita tidak ada jam kerja kepala di atas, asisten sekda tidak ada kenal waktu. Dan saya sudah lihat orang-orangnya, saya sudah tahu tapi tinggal kita dalami,” ujarnya.

Namun pada intinya lanjut Khairul, dari tiga diusulkan Pansel, jika dipilih memenuhi administrative. Tersisa apakah tiga orang masing-masing akan dicari yang paling terbaik dari yang terbaik lolos seleksi pansel.

Baca juga: Pemkab Tana Tidung Buka Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, Ini 3 Posisi yang Dibutuhkan

“Kita harus cari terbaik sesuai kondisi saat ini. Sektor kesehatan, penanggulangan bencana, dan bapedda. Ada filosofi setiap pemimpin ada zamannya dan setiap zaman ada pemimpinnya. Kita harus cari orang, mungkin serba memenuhi tapi ada yang cocok dengan situasional saat ini,” ujarnya.

Itu yang nanti akan didalami dan kewenangan puncak ada di kepala daerah. Final keputusan lanjut Khairul, secepatnya akan disampaikan.

“Setelah ini saya akan laporkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Hasilnya begini dan KASN jika menganggap tidak ada masalah dalam prosesnya maka kembali ke saya. Dari tiga nama itu akan saya wawancarai dan salah satunya dipilih untuk di SK-kan,” pungkasnya.

(*)

Penulis: Andi Pausiah

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved