Breaking News:

Berita Tarakan Terkini

Pelaku Perjalanan Kapal Pelni, Wajib Ikuti Persyaratan yang Berlaku Ini 

persyaratan keberangkatan bagi pelaku perjalanan yang menggunakan transportasi laut, di antaranya yang sudah booster, tak perlu antigen.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH
Aktivitas keberangkatan penumpang dan petugas mengecek persyaratan bagi pelaku perjalanan yang belum melengkapi booster. 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Sama seperti perjalanan menggunakan transportasi udara, pelaku perjalanan yang ingin menggunakan transportasi laut yakni kapal di momen arus mudik Idul Fitri 1443 Hijriah harus memenuhi ketentuan berikut.

Dikatakan Asmar Joni, Kepala Kantor PT Pelni Cabang Tarakan, adapun persyaratan keberangkatan bagi pelaku perjalanan yang menggunakan transportasi laut, di antaranya yang sudah booster tidak perlu PCR dan antigen swab test.

“Sama kami mengacu ke aturan baru dari SE Satgas Covid-19 dan mengacu SE Kemenhub terbaru bahwa yang sudah booster dibebaskan tes antigen atau PCR,” ujarnya.

Baca juga: Tarif Tiket Kapal Pelni di Nunukan Jelang Lebaran tak Berubah, Ini Prediksi Peningkatan Penumpang

Begitu juga untuk yang sudah vaksinasi dosis pertama dan kedua, diwajibkan tetap menunjukkan rapid antigen.

Lalu bagi anak di bawah umur enam tahun lanjutnya, dibebaskan dari persyaratan vaksin dan antigen ataupun PCR.

Baca juga: Tes Antigen Tak Jadi Syarat Keberangkatan, Arus Penumpang Kapal Pelni Nunukan Langsung Meningkat

“Itu sepanjang ada pendamping dari orangtua atau keluarga terdekat. Kemudian kalau yang punya komorbid sehingga belum vaksin, harus tunjukkan surat dari dinas terkait bahwa si pelaku perjalanan tidak bisa divaksin,” ujar Asmar Joni.

Aktivitas keberangkatan penumpang dan petugas mengecek persyaratan bagi pelaku perjalanan yang belum melengkapi booster.
Aktivitas keberangkatan penumpang dan petugas mengecek persyaratan bagi pelaku perjalanan yang belum melengkapi booster. (TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH)

Sebelumnya, Satgas Penanganan Covid-19 pusat sudah mengeluarkan SE Nomor 16 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Covid-19 dan berlaku mulai 2 April 2022 kemarin.

(*)

Penulis: Andi Pausiah

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved