Berita Kaltara Terkini

Hidupkan Olahraga Catur di Kaltara, Ketua Percasi Nyatakan Siap Datangkan Pelatih Terbaik dari Rusia

Ketua Percasi sambangi Kaltara, hidupkan catur Kaltara, siap datangkan pelatih terbaik dari Rusia.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: M Purnomo Susanto
TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH
Ketua Umum Percasi, Utut Adianto tiba di ruang VIV Room Bandar Udara Internasional Juwata Tarakan, sekitar pukul 14.00 WITA siang tadi dan berbincang-bincang dengan segenap pengurus provinsi dan cabang. 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Ketua Percasi sambangi Kaltara, hidupkan catur Kaltara, siap datangkan pelatih terbaik dari Rusia.

Ketua Umum Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) menyambangi Kota Tarakan, Jumat (15/4/2022).

Ketua Umum Percasi, Utut Adianto tiba di ruang VIV Room Bandar Udara Internasional Juwata Tarakan, sekitar pukul 14.00 WITA siang tadi.

Baca juga: Satgas Covid-19 Tarakan Kebut Capaian Vaksinasi, 16-22 April Dijadwalkan Pekan Imunisasi Dunia

Dikatakan Ketum Percasi Utut Adianto, kedatangannya kali ini dalam rangka melantik Pengprov Percasi Kaltara dimana belum lama ini Norhayati Andris terpilih sebagai Ketua Percasi Kaltara.

Utut, sapaan akrabnya menilai, akhirnya Kaltara kembali bangkit lewat pelantikan yang dijadwalkan diselenggarakan pada Sabtu (16/4/2022) besok.

“Pertama kami menilai Kaltara dulunya Kaltim. Tarakan dan Samarinda menjadi salah satu penghasil pecatur hebat, di Balikpapan juga ada,” urainya.

Artinya Tarakan dulunya belum begitu seramai saat ini, dibandu almarhum dr.Jusuf Serang Kasim dimulailah satu program salah satunya mendatangkan master catur internasional saat itu.

“Salah satu kekuatan catur utama saat itu di Kaltim, termasuk Tarakan dan Samarinda bersaing. Bahkan di sini pernah ada Turnamen Grand Master tahun 2008, pernah Kejurnas dan terakhir pernah Tournament Asian Youth Championship tahun 2011,” urai Utut yang didampingi juga Ketua Percasi Kaltara terpilih, Norhayati Andris.

Pihaknya beserta rombongan Sekjend dan Kabid Organisasi ingin memberikan dorongan di kepemimpinan Norhayati Andris diharapkan mampu mengangkat catur Kaltara.

Ia menilai potensi setiap daerah ada hanya saja kadang terbentur terjadinya perselisihan yang biasa menjadi problem utama di titik tertentu.

Ia berharap dengan kedatangannya bersama rombongan memberikan semangat dan dorongan kepada pengurus untuk menghasilkan Kaltara lebih kuat lagi.

Ia menambahkan, outputnya diharapkan bisa melahirkan atlet dan keberhasilan hanyalah ujug atau hilirnya.

Sementara ketua terpilih saat ini memiliki PR besar melalui beberapa proses hulu. Di antaranya memetakan eksisting condition di lapangan seperti apa.

Baca juga: Satu Perumda Belum Setor Dividen ke Pemkot Tarakan, Walikota Khairul: Mudahan Bisa Kembali Sehat

“Saya belum lihat, nanti malam ketemu pengprov dan pengcab. PB siap membantu mendatangkan pelatih terbaik dari Rusia, Ruslan Serbacov dan Andre Covalent nanti dikirim,” urainya.

Ia menambahkan, Tarakan sudah banyak menghasilkan master internasional dan hanya Grand Master yang belum.

“Ini yang harus kita dorong. Kita ingin organisasi guyub. Problem utama kita sulit mengkonsolidir. Ini semua daerah kita mau satukan berkompetisi mereka. Olahrga esensinya kompetisi, jujur dan adil kriterianya akan terjadi harmoni,” pungkasnya. (*)

Penulis: Andi Pausiah

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved