Berita Malinau Terkini

Gegara Diiming-imingi Jadi Pemenang Undian, Polisi Dalami Motif Pelaku Penculikan Anak

Polisi menangkap seorang pria yang diduga merupakan pelaku penculikan anak usia 17 Tahun, warga Desa Kuala Lapang, Kecamatan Malinau Barat.

Penulis: Mohamad Supri | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI
i Terduga Pelaku penculikan anak di Malinau Barat, ZA (38) ditahan di Mapolres Malinau, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Senin (18/4/2022). 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Polisi menangkap seorang pria yang diduga merupakan pelaku penculikan anak usia 17 Tahun, warga Desa Kuala Lapang, Kecamatan Malinau Barat.

Pelaku Pria inisial ZA (38) dibekuk Satreskrim Polres Malinau di sebuah penginapan Ibu kota Provinsi Kaltara, Tanjung Selor.

Kasat Reskrim Polres Malinau, Iptu Wisnu Brahmantio mengatakan pelaku diduga sedang berupaya untuk melarikan diri ke Kota Tarakan.

Baca juga: Anak SMP Korban Penculikan di Malinau Ditemukan, Polisi Buru Pelaku Hingga ke Ibu Kota Tanjung Selor

ZA diketahui merupakan warga kelahiran Kota Tarakan yang saat ini sedang bekerja di Kabupaten Malinau. Setelah mendapatkan informasi dari saksi mata dan korban, polisi memburu pelaku hingga ke kabupaten tetangga.

"Pertama di KTT. Kemudian pelaku bergeser ke Tanjung Palas. Malam hari sampai besok paginya kami dapat info dia geser ke Tanjung Selor. Pada hari minggu, jam 1, pelaku kami amankan di hotel Tanjung Selor," ujarnya, Senin (18/4/2022).

Baca juga: Detik-detik Satgas Pamtas Yonif 623/ BWU Gagalkan Penculikan Anak di perbatasan RI-Malaysia

Saat ini, kata Wisnu, pelaku ditahan di Mapolres Malinau. Pihaknya masih mendalami motif dan kemungkinan adanya keterlibatan pihak lain dalam kasus tersebut.

Berdasarkan keterangan orang tua korban, Putrinya yang masih duduk di kelas 1 SMP tersebut diming-imingi hadiah pemenang undian.

Suasana di halaman Satlantas Polres Malinau saat proses pemeriksaan terduga pelaku penculikan di Malinau Barat, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Senin (18/4/2022).
Suasana di halaman Satlantas Polres Malinau saat proses pemeriksaan terduga pelaku penculikan di Malinau Barat, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Senin (18/4/2022). (TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI)

Saat menjalankan aksinya, pelaku berpura-pura menelpon meminta izin orang tua korban yang pada saat itu tidak sedang berada di kediamannya.

"Bersama pelaku kami amankan barang bukti berupa satu unit sepeda motor yang diduga digunakan pelaku melarikan korban ke KTT," katanya.

Baca juga: Satreskrim Polres Tarakan Bekuk Pelaku Penculikan & Penganiayaan di Tarakan, Satu Pelaku Masih Buron

Korban, Anak usia 17 tahun tersebut ditemukan warga di Kabupaten Tanah Tidung tidak berapa lama setelah orang tua melaporkan kehilangan tersebut.

Wisnu mengatakan saat ini pihaknya belum bisa memastikan motif pelaku. Sementara modus pelaku membawa korban dengan iming-iming korban dijanjikan hadiah pemenang undian.

(*)

Penulis : Mohammad Supri

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved