Mutiara Ramadan

Nama-nama Lain Bulan Ramadan

Ramadhan adalan bulan yang paling istimewa dibanding dengan bulan yang lainnya. Sejumlah peristiwa penting terjadi di bulan suci ini.

Editor: Amiruddin
HO/Herman Aisa Pabittei
Herman Aisa Pabittei 

Oleh : Herman Aisa Pabittei, S.Ag

(Pelaksana Penyusun Bahan Penerbitan Dakwah Pada Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kota Tarakan)

TRIBUNKALTARA.COM - Ramadhan adalan bulan yang paling istimewa dibanding dengan bulan yang lainnya. Sejumlah peristiwa penting terjadi di bulan suci ini.

Momen pelipatgandaan pahala ini juga berlimpah ibadah-ibadah khusus, yang memacu umat Islam berlomba-lomba dalam meraih keutamaan di bulan Ramadhan.

Di antara ciri sesuatu yang istimewa adalah memiliki banyak nama, seperti Baginda Besar Nabi Muhammad yang mempunyai banyak nama dan julukan positif.

Begitupun dengan bulan Ramadhan. Berikut adalah nama-nama lain Ramadhan sebagaimana disarikan dari kitab Ittihaf al-Anam bi Ahkam ash-Shiyam karya Dr. Zainuddin bin Muhammad bin Husain bin al-‘Aydarus al-Ba’alawy

Para ulama banyak menyebutkan sejumlah nama pada Bulan Suci Ramadhan, antara lain sebagai berikut:

1. Syahru Ash-Shiyam, artinya bulan puasa wajib, karena hanya di bulan Suci Ramadhan Umat Islam diwajibkan berpuasa selama satu bulan penuh, dan satu-satunya nama bulan disebutkan dalam Al-Qur’an yang termaktub pada surat Al-Baqarah (2) ayat 185, bukan puasa 29 hari atau 30 hari.

Bulan Ramadhan bisa disebut juga bulan puasa, ibadah inilah yang paling istimewa dalam bulan Ramadhan, sehingga penyebutan bulan Ramadhan dengan bulan puasa sudah mendarah daging.

Ditambah keutamaan melaksanakan puasa pada bulan Ramadhan, sebagaimana riwayat dari Abu Hurairah RA :

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved