Survei Menunjukkan Rerata Orang Indonesia Tidur Kurang dari 7 Jam, Apa Dampaknya Terhadap Kesehatan?

Dalam survey yang dilakukan Zepp health, rata-rata orang di Indonesia tidur hanya selama 6 jam 36 menit setiap hari.

(Chart Attack)
Ilustrasi tidur - Menurut survei, rata-rata waktu tidur orang Indonesia lebih rendah dari negara lain secara global, apa dampaknya untuk kesehatan? 

TRIBUNKALTARA.COM – Di momen bulan suci Ramadan, masyarakat Indonesia seakan tak asing dengan adagium populer yakni tidur ketika puasa mendapat pahala.

Terlepas dari pro dan kontra yang menyertainya, menurut hasil penelitian waktu tidur orang Indonesia ternyata lebih rendah dibandingkan dengan negara lain secara global.

Dalam survey yang dilakukan Zepp health, rata-rata orang di Indonesia tidur hanya selama 6 jam 36 menit setiap hari.

Dalam hasil risetnya ditemukan bahwa durasi waktu tidur per hari seseorang sangat menentukan dan berkaitan erat dengan index kesehatan seperti BMI, tensi jantung, hingga rata-rata tingkat stress seseorang.

Selain itu, Zepp health juga menemukan terdapat hubungan yang erat antara jumlah langkah kaki harian seseorang dengan kualitas dan jumlah tidur seseorang serta kaitanya terhadap kesehatan jantung.

Penelitian terkait kualitas tidur yang dilakukan oleh zepp health secara global menemukan, setidaknya di 2021 rata-rata durasi tidur seseorang adalah 7 Jam 9 menit, terjadi penurunan  sebanyak 2 menit jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Dan pria jauh lebih cepat dalam durasi tidur jika dibandingkan dengan wanita, terdapat sekitar 15 menit lebih cepat.

Data ini diambil dari total sample penduduk di dunia, dan menariknya Indonesia berada di posisi terendah dibandingkan beberapa negara di dunia terkait dengan rata-rata durasi tidur harian penduduknya.

Rata-rata orang di Indonesia hanya tidur sebanyak 6 Jam 36 Menit setiap harinya.

Grafis rata-rata tidur orang di dunia berdasarkan penelian Zepp Health
Grafis rata-rata tidur orang di dunia berdasarkan penelian Zepp Health (Zepp Health)

Berada di bawah jepang dengan durasi tidur rata-rata penduduknya sebanyak 6 Jam 44 Menit dan Malaysia dengan durasi rata-rata tidur penduduknya sebanyak 6 Jam 46 menit.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved