Kabar Artis

Tri Suaka dan Zinidin Zidan Disomasi Erwin Agam Terkait Pembajakan, Terancam Bayar Royalti Rp 10 M

Aksi Tri Suaka dan Zinidin Zidan berbuntut panjang, giliran Erwin Agam menuntut bayaran royalti sebesar Rp 10 miliar untuk sepuluh lagu.

Kolase Instagram @erwinagam_ dan @zinidinzidan_real
Pencipta lagu Emas Hantaran Erwin Agam somasi Tri Suaka dan Zinidin Zidan terkait dugaan pembajakan lagu, musisi asal Yogyakarta ini terancam bayar royalti Rp 10 miliar. 

TRIBUNKALTARA.COM – Pemusik Tri Suaka dan Zinidin Zidan kembali disomasi Erwin Agam melalui Forum Komunikasi Artis Minangkabau atau FORKAMI.

Adapun isi somasi kali ini berkaitan dengan dugaan pembajakan lagu karya Erwin Agam oleh Tri Suaka dan Zinidin Zidan.

FORKAMI menduga Tri Suaka dan Zinidin Zidan tidak meminta izin dari pencipta lagu untuk keperluan cover lagu.

Seperti diketahui, ini merupakan somasi kedua bagi Tri Suaka dan Zinidin Zidan dalam kurun waktu beberapa hari terakhir.

Sebelumnya dua musisi jalanan ini disomasi FORKAMI terkait video parodi yang dinilai menghina vokalis Kangen band, Andika Mahesa.

Setelah menerima permintaan maaf dari Tri Suaka dan Zinidin Zidan, FORKAMI kini beralih ke persoalan dugaan pembajakan lagu Emas Hantaran karya Erwin Agam.

"Somasi yang kedua adalah menghitung royalti untuk lagu yang mereka pakai tanpa izin itu disebut sebagai pembajakan," ujar kuasa hukum Erwin Agam, Arianto dikutip dari kanal YouTube Intens Investigasi, Rabu (27/4/2022).

Arianto FORKAMI kuasa hukum Erwin Agam
Arianto FORKAMI sekaligus kuasa hukum Erwin Agam melayangkan somasi kedua terhadap Tri Suaka dan Zinidin Zidan, Rabu (27/4/2022) terkait dugaan pembajakan lagu Emas Hantaran. Keduanya terancam digugat secara perdata dan bayar royalti Rp 10 miliar.

Baca juga: Bantah Hina Anak Berkebutuhan Khusus, Tri Suaka dan Zinidin Zidan Klaim Tiru Tren Joget TikTok

Sebagai organisasi yang mewakili para artis Melayu, pihaknya diminta untuk menggugat Tri Suaka dan Zinidin Zidan secara perdata ke Pengadilan Niaga dan menuntut ganti rugi.

Salah satu musisi tersebut adalah Erwin Agam yang menuntut Tri Suaka dan Zinidin Zidan membayar royalti sebesar Rp 10 miliar untuk sepuluh lagu.

"Kalau untuk melakukan gugatan perdata kami meminta ganti rugi kerugian materiil dan imateriil Rp 10 miliar dari 10 lagu yang telah di-upload," jelasnya.

Tri Suaka dan Zinidin Zidan diberi waktu selama tujuh hari untuk beritikad baik membahas royalti dengan pencipta lagu.

"Untuk somasi kedua ini kita kasih waktu lebih panjang karena ada unsur pidana perdata, yakni 7 hari untuk menemui kita. Membicarakan royalti terhadap pencipta lagu," beber Arianto.

Potret Zinidin Zidan dan Tri Suaka - Terbaru keduanya klarifikasi usai dituding menghina anak berkebutuhan khusus (ABK) lewat video yang kini viral.
Potret Zinidin Zidan dan Tri Suaka - Terbaru keduanya klarifikasi usai dituding menghina anak berkebutuhan khusus (ABK) lewat video yang kini viral. (Instagram @zinidinzidan_real)

Baca juga: Bukan dengan Tri Suaka, Andika Kangen Band Justru Menaruh Kesal Pada Zinidin Zidan:Keliatan Ngeledek

Somasi ini ditujukan kepada Tim Musisi Jogja Project yang di dalamnya terdapat Tri Suaka dan Zinidin Zidan.

"Kita ikut sertakan timnya karena mereka mengupload tanpa izin di masing-masing kanal YouTube-nya," ungkap Arianto.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved