Idul Fitri

Idul Fitri Sebentar Lagi, Rasululullah SAW Menganjurkan Berbusana Baru saat Lebaran

Hari Raya Idul Fitri 1443 H sebentar lagi, Rasulullah SAW menganjuran untuk berbusana baru saat lebaran.

Freepik.com
Ilustrasi - Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah 

TRIBUNKALTARA.COM - Hari Raya Idul Fitri 1443 H sebentar lagi, Rasulullah SAW menganjuran untuk berbusana baru saat lebaran.

PP Muhammadiyah telah menentukan Idul Fitri 1443 H jatuh pada 2 Mei 2022.

Kendati demikian, pemerintah baru akan menggelar sidang isbat pada 1 Mei 2022 untuk penenuan Hari Raya Idul Fitri atau 1 Syawal 1443 H.

Menelisik lebih jauh, terdapat hadits, atsar, dan ijtihad ulama yang menganjurkan berburu pakaian baru tersebut.

Salah satunya adalah hadits berikut:

عَنِ الْحَسَنِ بْنِ عَلِيٍّ قَالَ: أَمَرَنَا رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم فِى الْعِيدَيْنِ أَنْ نَلْبِسَ أَجْوَدَ مَا نَجِدُ

Artinya: Diriwayatkan dari Al-Hasan bin Ali RA, ia berkata: Rasulullah SAW telah memerintahkan kami pada dua hari raya agar memakai pakaian terbaik yang kami temukan. (HR Al-Baihaqi dan Al-Hakim).

Baca juga: Bacaan Niat Shalat Idul Fitri Sebagai Makmum dan Imam, Serta Tata Cara Melaksanakannya

Dikutip TribunKaltara.com darii nu.or.id, hadits lain menceritakan sahabat Ibnu Umar RA yang mengenakan pakaian bagus di hari raya:

عَنْ نَافِعٍ : أَنَّ ابْنَ عُمَرَ كَانَ يَلْبَسُ فِى الْعِيدَيْنِ أَحْسَنَ ثِيَابِهِ

Artinya: Diriwayatkan dari Nafi’ bahwa Ibnu Umar RA memakai baju terbaiknya di dua hari raya. (HR Al-Baihaqi dan Ibnu Abid Dunya dengan sanad shahih).

قَالَ الشَّافِعِيُّ رَحِمَهُ اللهُ تَعَالَى ... فَأُحِبُّ في الْعِيدَيْنِ أَنْ يَخْرُجَ بِأَحْسَنَ ما يَجِدُ من الثِّيَابِ

Artinya: Imam As-Syafi’i rahimahullahu ta’ala berkata: … maka aku senang dalam dua hari raya orang hendaknya ke luar dengan baju terbaik yang ia temukan. (Lihat: Muhammad bin Idris as-Syafi’i, Al-Umm, [Beirut, Darul Ma’rifah: 1393 H], juz I, halaman: 248).

Baca juga: 50 Ucapan Selamat Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah Berbahasa Indonesia dan Inggris, Bagikan di Medsos

Kemudian hadits, atsar, dan ijtihad ulama yang menganjurkan memakai baju terbaik pada hari raya ini dimaknai sebagai anjuran untuk memakai baju baru sebagaimana dikatakan oleh pakar fiqih Maliki Syekh Ahmad bin Ghunaim an-Nafrawi (wafat 1126 H/1714 M).

"Yang dimaksud dengan ‘baju baik’ (yang disunahkan) dalam hari raya adalah baju baru, meskipun berwarna hitam" (Lihat: Ahmad bin Ghunaim An-Nafrawi, Al-Fawakihud Dawani, [Tanpa keterangan tempat, Maktabah Ats-Tsaqafah Ad-Diniyyah: tanpa keterangan tahun], juz II, halaman: 651).

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved