Berita Kaltara Terkini

H-3 Lebaran,Syahbandar BPTD Kaltara tak Berikan Izin Berlayar Speedboat Reguler Lewat Jam 16.10 Wita

H-3 lebaran Syahbandar BPTD Wilayah XVII Provinsi Kaltim-Kaltara, tidak memberikan izin berlayar speedboat reguler lewat pukul 16.10 Wita.

Penulis: - | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI
Situasi terkini masyarakat mulai memadati pelabuhan Spedboat Kayan II yang berlokasi jalan Sabanar Lama Jumat (29/4/2022) dan beberapa loket tiket telah habis terjual 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR- H-3 lebaran Syahbandar BPTD (Balai Pengelola Transportasi Darat) Wilayah XVII Provinsi Kaltim-Kaltara, tidak memberikan izin berlayar speedboat reguler lewat pukul 16.10 Wita.

Hal ini disampaikan Staf Syahbandar BPTD (Balai Pengelola Transportasi Darat) Wilayah XVII Provinsi Kaltim-Kaltara  Paulus Suban.

Paulus Suban mengungkapkan, hal ini dilakukan setelah pihaknya melakukan pemantauan aktivitas di lokasi Pelabuhan Spedboat Kayan II yang berlokasi jalan Sabanar Lama, Jumat (29/4/2022) siang.

Baca juga: Tiket Speedboat Reguler H-3 Lebaran Ludes Terjual, Agen Rencana Siapkan Speedboat Tambahan, Tapi ini

"Kalau sebelum jam 4 sore tiket speedboat sudah habis. Mungkin ada penambahan jam berlayar dari pihak agen, tetapi itu speedboat reguler yang punya rute dari sini ke kota tujuan. Cuman tidak boleh berangkat melebihi dari jam 4 lebih 10 menit sebab kami tidak akan memberikan izin," ucapnya.

Kemudian untuk tiket speedboat keberangkatan hari ini, kata Paulus sudah ludes terjual.

"Tiket keberangkatan hari ini sampai 4 lewat 10 sudah ludes terjual. Katanya agen speedboat reguler ke saya rata-rata sudah dipesan dari hari kemarin untuk berangkat hari ini," ucapnya.

Baca juga: H-4 Lebaran Arus Penumpang Speedboat Reguler Nunukan-Tarakan Meningkat, Lebih Banyak yang Datang

Dia menambahkan, speedboat reguler hari ini yang akan berangkat semua sesuai kapasitas nomor kursi penumpang yang tersedia.

"Semua speedboat yang akan berangkat sesuai kapasitas. Contoh ukuran GT 32 bisa menampung 62 penumpang," ungkapnya.

Diketahui keberangkatan speedboat reguler di Pelabuhan Kayan II sejak H-4 Lebaran kemarin kata Paulus sebanyak 25 armada telah berlayar.

Situasi terkini masyarakat mulai memadati pelabuhan Spedboat Kayan II yang berlokasi jalan Sabanar Lama Jumat (29/4/2022) dan beberapa loket tiket telah habis terjual
Situasi terkini masyarakat mulai memadati pelabuhan Spedboat Kayan II yang berlokasi jalan Sabanar Lama Jumat (29/4/2022) dan beberapa loket tiket telah habis terjual (TRIBUNKALTARA.COM/ GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI)

"Kami bertugas membuka izin berlayar bilamana nahkoda sudah melaporkan ketersedian kelengkapan pelampung ada, navigasi berfungsi dengan bagus, kotak p3k tersedia sesuai SOP dan pihak agen tiket speedboat buka jam tambahan sesuai SOP kelayakan, ya berangkat,"ucapnya.

Sementara itu, Paulus Suban menyebut data keberangkatan sejak 25 April 2022 mencapai 650 orang.

"Selama satu hari kemarin jumlah keberangkatan penumpang speedboat tujuan keluar Tanjung Selor mencapai 976 orang dan akan direkap setiap hari," ucapnya.

Baca juga: Antisipasi Lonjakan Penumpang, Dishub Bulungan Minta Agen Speedboat Siap-siap Buka Jam Tambahan

Senada, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bulungan, Hairul mengaku sudah berkoordinasi dengan agen terkait penyiapan armada cadangan.

Selain itu, Dishub Bulungan juga telah berkomunikasi dengan pihak speedboat non reguler.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved