Berita Malinau Terkini

Viral di Media Sosial Info Teror Tindak Asusila Pengguna Jalan Malinau-KTT, Polisi Pastikan itu Hoax

Viral di media sosial, beredar informasi terkait aksi teror tindakan asusila di jalan lintas Malinau-Tanah Tidung, polisi pastikan itu hoax.

Penulis: Mohamad Supri | Editor: Sumarsono
IST
Viral di media sosial, beredar informasi terkait aksi teror tindakan asusila di jalan lintas Malinau-Tanah Tidung, polisi pastikan itu hoax alias berita bohong 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU – Viral di media sosial, beredar informasi terkait aksi teror tindakan asusila di jalan lintas Malinau-Tanah Tidung, polisi pastikan itu hoax alias berita bohong.

Sebelumnya, Polres Malinau menerima laporan terkait beredarnya informasi tindak pidana percobaan pemerkosaan yang tersebar luas di media sosial.

Kapolres Malina, AKBP Reza Pahlevi melalui Kasat Reskrim Iptu Wisnu Bramantio kepada TribunKaltara.com di Malinau memastikan informasi tersebut tidak benar atau hoax.

Wisnu menjelaskan pihaknya telah memeriksa kebenaran kasus. Faktanya ditemukan informasi tersebut adalah kabar yang dibuat-buat.

"Satreskrim Polres Malinau telah memeriksa informasi tersebut. Tim kami bergerak langsung menuju TKP, melakukan penyelidikan, mencari saksi-saksi. Akhirnya ditemukan fakta bahwa kejadian ini sebenarnya tidak ada," ujarnya, Minggu (8/5/2022).

Baca juga: Beredar Hoax Vaksinasi Berbayar, Pegawai Rumah Sakit Ikut Disebut, Begini Reaksi Dirut RSUD Nunukan

Hasil pemeriksaan Polisi, info tersebut merupakan kesalahpahaman antara penyebar info dan keluarganya.

Kabar yang viral di media sosial itu ternyata dikarang oleh keluarga, dalam hal ini adik dari pemilik akun, perempuan inisial N yang menyebar informasi.

N merupakan penyebar info sekaligus kakak dari sang adik yang mengarang informasi tersebut.

Pada dasarnya, N, penyebar info tersebut beritikad baik untuk menyebar informasi tersebut, agar pengguna jalan berhati-hati.

Namun belakangan diketahui sang adik merekayasa karena takut dimarahi kakak karena telah membawa sepeda motornya keluyuran.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Khusus Pelajar KTT, Bupati Tana Tidung Ibrahim Ali Pesan Jangan Percaya Hoax

Mahfum dengan kesalahpahaman tersebut, Polres Malinau meminta pihak keluarga untuk membuat klarifikasi atas info yang terlanjur beredar dan viral di sejumlah akun medsos di Malinau.

"Infonya sudah beredar luas di Medsos, dan belakangan diketahui info ini tidak benar. Kami minta pihak keluarga untuk mengklarifikasi informasi di media," ungkapnya.

Penelusuran TribunKaltara.com, sejumlah akun yang telah menyebar informsi tersebut juga telah menarik dan mengklarifikasi isi postingan tersebut.

Baca juga: Sempat Diterpa Hoax Meninggal, Kondisi Ashanty Makin Drop Gegara Covid-19, Ada Penyakit Lain

Wisnu mengimbau warga agar terlebih dulu memeriksa kebenaran informasi sebelum menyebarluaskan.

Sebab, informasi yang salah kerap menimbulkan kegaduhan dan menimbulkan rasa tidak aman bagi warga, terutama bagi pengguna medsos yang terlanjur membaca informasi tersebut.

(*)

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved