Fernando Sinaga dan Warga Nahdliyin Kalimantan Barat Apresiasi Komitmen NU Lindungi Minoritas

Wakil Ketua Komite I DPD RI mengapresiasi perjalanan Nahdlatul Ulama (NU) dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dokumentasi priibadi Fernando Sinaga
Wakil Ketua Komite I Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Fernando Sinaga saat acara Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan bersama warga nahdliyin Kalimantan Barat di Pontianak pada Jumat (12/5/2022). (Dokumentasi priibadi Fernando Sinaga) 

TRIBUNKALTARA.COM - Senator Fernando Sinaga yang juga Wakil Ketua Komite I Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) mengapresiasi perjalanan Nahdlatul Ulama (NU) dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) selama ini.

“Sikap tegas NU dalam menjaga dan mempertahankan NKRI ini tidaklah muncul tiba-tiba, melainkan sudah sejak dari asal mula kelahirannya”, kata Fernando Sinaga.

Sebagai penjaga NKRI, ungkap Fernando, dirinya mengapresiasi sikap NU yang terus berkomitmen melindungi minoritas.

Menurutnya, hal ini tentu saja akan terus mengakar dengan melihat ketulusan dari para tokoh panutan NU baik yang ada di tingkat nasional maupun daerah.

“Sekali lagi, Kami juga mengapresiasi Nadlatul Ulama (NU) yang senantiasa seiring sejalan dengan Pemerintah Republik Indonesia terutama dalam komitmennya menjaga keutuhan NKRI”, ujarnya.

Baca juga: Fernando Sinaga Sebut Pemekaran Daerah dapat Mengikis Ketidakadilan Pembangunan di Kalimantan Utara

Pernyataan Fernando Sinaga ini disampaikan saat dirinya beserta anggota Badan Sosialisasi MPR RI lainnya menggelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan bersama warga nahdliyin Kalimantan Barat yang tergabung dalam Lembaga Zakat Infaq dan Sedekah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (Lazis PW NU) Provinsi Kalimantan Barat.

Dalam kegiatan yang digelar di Pontianak pada Jumat (12/5/2022) ini, selain Fernando Sinaga juga dihadiri oleh Anggota DPD RI lainnya, Habib Ali Alwi dan sejumlah anggota DPR RI.

Dalam keterangan yang diterima TribunKaltara.com, Fernando juga menjelaskan soal pentingnya memperkuat daerah melalui empat pilar kebangsaan yang juga merupakan cita–cita awal pendirian DPR RI, antara lain:

Demokratisasi di daerah; memenuhi rasa keadilan masyarakat daerah; menjaga keseimbangan antar daerah dan antara pusat dengan daerah secara adil dan serasi; mengakomodasi aspirasi daerah; dan memberi peran yang lebih besar kepada daerah dalam proses pengambilan keputusan politik yang berkaitan dengan kepentingan daerah agar tidak sentralistik.

(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved