Berita Bulungan Terkini

Vaksin Lengkap, Pelaku Perjalanan Tak Perlu PCR & Antigen, Ini Penjelasan Kadis Kesehatan Bulungan 

Pemerintah pusat melonggarkan kebijakan tak perlu lagi tes PCR dan antigen bagi pelaku perjalanan domestik dan luar negeri bagi yang sudah vaksin.

Penulis: Febrianus Felis | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI
Kepala Dinas Kesehatan Bulungan drg Imam Sujono 

TRIBUNKALTARA.COM, BULUNGAN - Pemerintah pusat melonggarkan kebijakan tak perlu lagi tes PCR dan antigen bagi pelaku perjalanan domestik dan luar negeri bagi yang sudah mendapat vaksinasi Covid-19 .

Juru Bicara (Jubir) Satgas Penanganan Covid-19 Dinas Kesehatan Bulungan Dr Heriyadi Suranta membenarkan kebijakan baru tersebut.

"Itu memang ada dari peredaran baru dari Satgas Pusat nomor 18 tahun 2022 ditetapkan tanggal 18 Mei 2022 intinya pelaku perjalanan baik moda transportasi laut, udara, darat yang sudah mendapat vaksin 1,2 dan booster tidak perlu PCR sama Antigen," ucapnya (20/5/2022).

Baca juga: Simak Aturan Baru Naik Pesawat, tak lagi Butuh Tes PCR dan Antigen, Cukup Siapkan Hal ini

Namun, kata Heriyadi, bagi pelaku perjalanan yang baru vaksin pertama diwajibkan menunjukkan surat pemeriksaan Rapid Antigen-PCR.

"Kalau belum sama sekali suntik vaksin 1,2 dan booster karena punya penyakit komorbid maka dia harus ada surat keterangan dari rumah sakit tidak bisa divaksin, kemudian boleh pakai antigen atau PCR," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Bulungan drg. Imam Sujono menambahkan adanya persyaratan sudah vaksin booster baru boleh melakukan perjalanan domestik dan luar negeri, sampai hari ini kegiatan suntik vaksin dosis tiga terus bergerak kejar target 30 persen.

Baca juga: Masuk Malaysia Bebas Tes PCR dan Asuransi Perjalanan, Jumlah PPLN Nunukan - Tawau Meningkat

"Adanya edaran seperti itu, Satgas Covid-19 tetap bergerak kejar vaksin booster 30 persen dan target nasional 70-75 persen saat ini dosis 3 baru 20 persen," ucapnya.

Imam Sujono mengakui target vaksin booster atau dosis tiga tidak bisa mencapai 30 persen pada akhir bulan april lalu karena masyarakat menganggap sudah dapat dosis satu dua bisa melakukan perjalanan domestik antar daerah dan pulau.

PMI dilakukan swab PCR oleh petugas di Kabupaten Nunukan
PMI dilakukan swab PCR oleh petugas di Kabupaten Nunukan (TRIBUNKALTARA.COM/ FEBRIANUS FELIS)

"Jadi dengan ada informasi beredar waktu itu ke masyarakat untuk melakukan perjalanan keluar kota minimal sudah vaksin satu dua, tapi bersyukurlah sudah ada yang dosis lengkap," ucapnya.

Sebagai informasi, kata Imam Sujono per tanggal 19 Mei 2022 situasi perkembangan Covid-19 di Bulungan kembali penambahan kasus aktif yakni berjumlah 3 orang.

Baca juga: Update Capaian Vaksinasi Covid-19, 77.818 Orang di Kaltara Bisa Ikut Mudik Tanpa Tes Antigen dan PCR

"Kasus aktif Covid-19 di Bulungan bertambah 3 orang yakni terdapat daerah Tanjung Palas 1, Tanjung Selor 2 orang, menjadi terkonfimasi 14.356, lalu angka kesembuhan sudah mencapai 14.135 orang,"

(*)

Penulis : Georgie Sentana Hasian Silalahi

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved