Berita Kaltara Terkini

Buka Turnamen Basket Bulungan Cup 2022, Gubernur Kaltara Zainal Berharap Ini Bisa Ikut di PON XXI 

Perbasi Bulungan, mengadakan Turnamen Basket Bulungan Cup 2022 yang diselenggarakan untuk pertama kalinya di Dome Sport Center, Bulungan.

TRIBUNKALTARA.COM/ GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI
Suasana pertandingan basket Bulungan Cup 2022 di Dome Sport Center beberapa waktu lalu 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Bulungan, mengadakan Turnamen Basket Bulungan Cup 2022 yang diselenggarakan untuk pertama kalinya di Dome Sport Center, Bulungan.

Turnamen yang berlangsung mulai 22 hingga 29 Mei 2022 ini dibuka oleh Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang/

Zainal mengungkapkan, dengan terus diadakannya kompetisi cabang olahraga (Cabor) basket, nantinya bisa ikut berperan pada PON XXI di Pulau Sumatera.

Baca juga: Perbasi Bulungan Gelar Turnamen Basket Umum se Kaltara, Catat Waktu Pelaksanaan dan Lokasinya

"Kita berupaya melakukan kegiatan turnamen kompetesi olahraga, mulai dari tingkat Kecamatan, Kabupaten hingga Provinsi dengan berbagai cabang olahraga. Dari hasil ini nanti, kita akan mencari bibit-bibit muda basket Kaltara, dan lebih optimis akan mendapat hasil yang baik di PON yang akan datang," ungkapnya Kamis (26/5/2022).

Kegiatan ini pun dinilai sangat efektif dalam menjaring bibi-bibit atlit, khususnya pada cabor basket yang ada di Kaltara.

"Potensi emas untuk di PON mendatang. Yakni PON Aceh dan Sumatera 2022 itu kita akan lebih fokus ke cabor tersebut, agar terus mengupayakan pelaksanaan kegiatan pertandingan-pertandingan," ucapnya.

Baca juga: Sukses Akuisisi Klub Bola RANS Cilegon FC, Kini Raffi Ahmad Siap Bikin Tim Basket Profesional

Lebih lanjut, kata Zainal, turnamen skala provinsi seperti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) diberbagai cabor-cabor akan terus diadakannya.

"Termasuk penyelenggaraan Porprov yang berada di Kaltara, yaitu di bulan Agustus atau tidak Oktober mendatang," ucapnya.

Oleh karena itu, kata Zainal pihak Pemprov dalam hal ini akan terus mengupayakan beri penghargaan yang besar kepada para atlit yang nantinya mendulang medali pada perhelatan PON 2022.

Suasana pertandingan basket Bulungan Cup 2022 di Dome Sport Center beberapa waktu lalu.
Suasana pertandingan basket Bulungan Cup 2022 di Dome Sport Center beberapa waktu lalu. (TRIBUNKALTARA.COM/ GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI)

"Kita akan terus memberikan reward kepada atlit-atlit kita yang mendulang medali, kemudian kita juga terus mendorong cabor untuk terus melaksanakan kegiatan training-training atau pelatihan terpadu dalam mempersiapkan kejuaraan mendatang," ucapnya.

Terpisah, Ketua PERBASI Bulungan, Hairil menuturkan, ada sejumlah peserta dari Kabupaten/Kota yang berpartisipasi, total ada 18 tim.

Diketahui durasi pertandingan selama 6 hari dilaksanakan dari siang hingga malam hari.

Baca juga: 9 Perguruan Pencak Silat Hadir, Pengurus IPSI Tarakan Dilantik, Sunarto Target 3 Medali Emas di PON

"Untuk itu kami mempersiapkan kegiatan ini sejak jauh hari, dan mencetak sejarah menggunakan Dome Sport Center untuk pertama kalinya," ucapnya.

Lebih lanjut, pertandingan Bulungan Cup 2022 ini dilaksanakan terbuka untuk umum pada tim-tim yang ada di Kaltara khususnya. Serta, mengizinkan pihak club untuk mengambil pemain dari luar daerah.

"Ada beberapa tim salah satunya yang ingin partisipasi yaitu Berau, Kaltim yang mau datang kemaren, namun tidak bisa. Yang penting club nya berada di Kaltara.
Harapan terselenggaranya turnamen ini memang untuk membangkitkan kembali atmosfir pecinta basket yang ada di Kaltara," ucapnya.

(*)

Penulis: Georgie Sentana Hasian Silalahi

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved