Berita Daerah Terkini

Surat Ancaman Pembunuhan dan Minta Uang Teror Masjid dan Musholla di Kukar, Aksi Pelaku Terekam CCTV

Surat ancaman pembunuhan dan minta uang teror Masjid dan Musholla di Kutai Kartanegara atau Kukar, aksi terduga pelaku pengirim surat terekam CCTV.

KOLASE TRIBUNKALTARA.COM / HO / WARGA
Oknum yang diduga pelaku saat terekam CCTV di masjid Al-Istiqomah dan surat teror. 

TRIBUNKALTARA.COM - Surat ancaman pembunuhan dan minta uang teror Masjid dan Musholla di Kutai Kartanegara atau Kukar, aksi terduga pelaku pengirim surat terekam CCTV.

Kasus teror di tempat ibadah terjadi di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Bahkan, teror tersebut berisikan permintaan sejumlah uang Masjid yang harus disiapkan panitia atau pengurus Masjid.

Teror minta uang Masjid tersebut sementara baru termonitor di Masjid Al Mizan Kecamatan Loa Kulu dan Masjid Al Istiqomah di Desa Loa Duri Ilir Kecamatan Loa Janan.

Dimana, teror tersebut disampaikan dalam bentuk surat yang isinya meminta pengurus Masjid menyiapkan uang mulai tanggal 30 Mei 2022 ini sampai tanggal 1 Juni 2022.

Baca juga: Terekam CCTV Identitas Pelaku Dikantongi, Polres Tarakan Beber Kronologi Pencurian Uang Rp 400 Juta

Bahkan, dalam surat itu juga berisi nada-nada ancaman pembunuhan terhadap salah satu panitia atau pengurus Masjid yang tidak menyiapkan uang tersebut. Lebih parahnya lagi, dalam surat itu juga pengancam membawa-bawa nama Jendral Nurdin Balikpapan dan Abu Bakar.

"Siapkan uang Masjid/langgar dari tanggal 30, aku akan mengambil berapa ada keluarkan. Siapkan di atas mimbar dan pintu Masjid tidak lagi di kunci. Kalau tidak siap salah satu panitia ada yang akan ku bunuh. Aku urang paking kejam dan aku bisa menjadi urang yang paling baik. Grup kami ada 3.800 pimpinan Jinral Nurdin Balikpapan di bawah kekuasaan Abu Bakar. Tanggal 1 sudah ada, karena ini seratus Masjid/langgar Samarinda, Tenggarong, Balikpapan," tulis si peneror dalam suratnya.

Saat dikonfirmasi Tribunkaltim.co, Salah seorang pengurus Masjid Al Mizan Loa Kulu, Rizal membenarkan kejadian terse ut dan telah melaporkannya ke polsek Loa Kulu.

"Sudah kita laporkan, saat ini masih proses kepolisian," ujarnya.

Ia menjelaskan, ditemukannya surat berisikan teror tersebut sekitar pukul 14.30 Wita. Dirinya berpendapat, pengancam tersebut menebarkan ancaman dibeberapa Masjid, artinya menebar jaring ancaman kepada Masjid-Masjid yang didatanginnya.

"Kayanya dia menebar juga ke beberapa Masjid, seperti di Masjid Al-Istiqomah Loa Duri Ilir, Langgar Fajar di Jembayan dan Masjid kami," ungkapnya.

Diakuinya, ciri-ciri pengancam sudah terekam dan terpantau CCTV, namun wajahnya masih belum terlihat jelas.

"Tapi sudah kita laporkan dan s
Disuruh pihak polisi untuk tenang dulu dan tetap antisipasi. Semoga hanya sebatas mengancam, tapi kalau sampai terjadi seperti yang ada di surat itu, kita tetap harus waspada," jelasnya.

Oleh karena itu kata Rizal, dengan adanya ancaman tersebut, pihaknya yakni pengurus Masjid akan meningkatkan kewaspadaan guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kita akan lebih hati-hati lagi," pungkasnya.

Baca juga: Viral Pelaku Pencurian Uang dari Jendela Mobil Terekam CCTV, Berhasil Ambil Ratusan Juta Rupiah

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved