Pilpres 2024

Hadir di Acara Silatnas Koalisi Indonesia Bersatu, Pendukung Jokowi Dukung ke Airlangga Cs?

Relawan Pro Joko Widodo (Projo) menjadi sorotan setelah mendatanngi Silaturahmi Nasional Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB.

TRIBUNKALTARA.COM - Relawan Pro Joko Widodo atau Projo menjadi sorotan setelah mendatanngi Silaturahmi Nasional Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB.

Sebelumnya, tiga partai politik (parpol) dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menandatangani nota kesepahaman yang menunjukkan komitmen bersama untuk bekerja sama.

Penandatanganan itu dilakukan dalam acara bertajuk Silaturahim Nasional yang digelar pada Sabtu (4/6/2022) di Plataran, Senayan, Jakarta.

Sejumlah tokoh politik dari ketiga parpol tersebut turut menghadiri perhelatan itu.

Tokoh politik itu misalnya politikus senior Golkar Aburizal Bakrie dan mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa yang menjabat sebagai Ketua Majelis Penasihat Partai Amanat Nasional (PAN).

Baca juga: Prabowo akan Bertarung di Pilpres 2024, Elite Gerindra Mulai Godok Deklarasi, Kader Dapat Perintah

Namun, yang menarik perhatian publik adalah kehadiran Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan serta Ketua Umum Pro Jokowi (Projo), Budi Arie Setiadi.

Berdasarkan pengamatan Kompas.com, keduanya hadir sejak awal acara dimulai.

Luhut dan Budi pun turut bergandengan tangan dengan para tokoh KIB saat menyanyikan lagu "Bagimu Negeri" sebagai pembuka rangkaian acara.

Pengurus Partai Amanat Nasional angkat bicara mengenai kehadiran Projo yang dianggap mendukung KIB.

Menurut Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno, kehadiran relawan Projo dalam acara Siltasnas KIB hanya untuk memenuhi undangan dari penyelenggara acara.

Baca juga: Hasil Survei SMRC: Pemilih Jokowi Cenderung akan Memilih Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Dia mengatakan, kehadiran Projo itu tidak bisa dimaknai sebagai dukungan kepada KIB.

"Tentu kami tidak bisa memaknai kehadiran Projo itu sebagai bentuk dukungan atau sebagai bentuk persamaan persepsi, visi, dan misi," ujar Eddy saat dihubungi Kompas.com, Senin (6/6/2022).

Eddy menyampaikan, persepsi, visi, dan misi KIB pasti berasal dari tiga partai politik yang tergabung dalam KIB, yakni Partai Golkar, PAN, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Saat ini, kata dia, KIB lebih fokus ke internal.

"Dan kami ke depannya akan fokus melakukan pembahasan diskusi dialog kajian di antara partai-partai politik di dalam KIB, fokusnya di antara ketiga partai-partai itu," ucap dia.

Baca juga: Manuver Koalisi Indonesia Bersatu, Segera Godok Pasangan Capres dan Cawapres Jelang Pilpres 2024

Eddy berharap, ada partai lain yang bergabung ke dalam KIB.

Dengan demikian, kata Eddy, posisi KIB akan jadi lebih kuat untuk membangun demokrasi yang sehat.

(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Projo Hadir di Acara KIB, Apakah Bentuk Dukungan? Ini Kata Sekjen DPP PAN, https://www.tribunnews.com/nasional/2022/06/06/projo-hadir-di-acara-kib-apakah-bentuk-dukungan-ini-kata-sekjen-dpp-pan.

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved