Pilpres 2024

Hasto Tegaskan Usungan PDIP di Pilpres 2024 Ditentukan Megawati Soekarnoputri, Sindir Ganjar?

Hasil survei Poltracking menunjukkan tingkat elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo jelang Pilpres 2024 meningkat.

Instagram / @ganjar_pranowo
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Sambil mengenakan blankon, Ganjar Pranowo mengucapkan selamat ulang tahun ke-60 buat Presiden Joko Widodo. 

TRIBUNKALTARA.COM - Hasil survei Poltracking menunjukkan tingkat elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo jelang Pilpres 2024 meningkat.

Dalam survei bertajuk 'Proyeksi kandidat Kuat Kandidasi Pilpres 2024' itu turut menyajikan hasil survei publik terhadap pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (Capres-Cawapres).

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda mengatakan, dalam mendapati hasil survei ini pihaknya menggelar tiga simulasi Paslon Capres-Cawapres.

Pada simulasi pertama menyajikan pasangan Ganjar Pranowo-Erick Thohir dan Prabowo Subianto-Puan Maharani serta Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Dari simulasi tersebut pasangan Ganjar menempati posisi paling atas dengan perolehan suara 27,6 persen.

Baca juga: Ganjar Pranowo Dijodohkan dengan Erick Thohir untuk Bersanding di Pilpres 2024

"Lalu diikuti pasangan Prabowo Subianto-Puan Maharani 20,7 persen dan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono 17,9 persen," kata Yuda saat menyampaikan hasil surveinya secara langsung di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (9/6/2022).

Selanjutnya, Poltracking juga menyajikan simulasi paslon Ganjar Pranowo-Sandiaga Uno, Prabowo Subianto-Erick Thohir dan Anies Baswedan-Puan Maharani.

Dari hasil survei itu publik lebih banyak memilih Ganjar-Sandi Uno dengan perolehan suara 26,7 persen.

"Diikuti pasangan Prabowo Subianto- Erick Thohir 22,5 persen dan Anies Baswedan-Puan Maharani 12,2 persen," ucapnya.

Serta pada simulasi paslon terakhir yakni Ganjar Pranowo-Erick Thohir dan Prabowo Subianto-Puan Maharani serta Anies Baswedan-Sandiaga Salahudin Uno.

Baca juga: Kapan Partai Nasdem Tetapkan Capres Usungan di Pilpres 2024? Simak Jadwal dan Mekanismenya

Berdasarkan hasil survei ini, Ganjar Pranowo-Erick Thohir kembali menempati posisi pertama dengan perolehan suara 26,4 persen.

Prabowo Subianto-Puan Maharani memperoleh suara 19,8 persen dan terakhir Anies Baswedan-Sandiaga Uno 18,9 persen.

"Kesimpulan dari simulasi ini adalah tidak ada yang unggul telak bisa menyelesaikan pemilu atau pilpres dalam satu putaran 50 persen plus 1. Jadi belum ada pasangan yang sangat kuat," tukas Yuda.

Di tengah menanjaknya elektabilitas Ganjar Pranowo, Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan calon presiden (Capres) yang diusung partainya pada Pemilu 2024 ditentukan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved