Berita Kaltara Terkini

Atasi Masalah di Perbatasan RI-Malaysia, Pemprov Kaltara Ajukan Bahas Ini di Forum Sosek Malindo

Demi mengatasi masalah di perbatasan RI-Malaysia, Pemprov Kaltara ajukan banjir di Sembakung dan PLBN dibahas dalam Forum Sosek Malindo.

TribunKaltara.com/Maulana Ilhami Fawdi
Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setprov Kaltara, Datu Iqro Ramadhan. (TribunKaltara.com/Maulana Ilhami Fawdi) 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Pemprov Kaltara berharap organisasi bilateral antara Indonesia-Malaysia yakni Sosial Ekonomi Malaysia Indonesia (Sosek Malindo) dapat membantu sejumlah permasalahan di daerah perbatasan.

Salah satu permasalahan yang akan diangkat oleh pemprov dalam Forum Sosek Malindo ialah mengenai banjir yang kerap terjadi di daerah perbatasan Kaltara yakni Sembakung, Nunukan.

Hal ini diungkapkan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setprov Kaltara, Datu Iqro Ramadhan.

"Kami tahun ini, yang kita angkat itu persoalan banjir di Sembakung dan PLBN," kata Datu Iqro Ramadhan, Kamis (23/6/2022).

Menurut Datu Iqro, penyelesaian persoalan banjir di Sembakung Nunukan perlu komitmen dari kedua negara.

"Kita juga ingin sama-sama menangani banjir di Sembakung itu, karena hulu sungai ada di Malaysia, dan setiap musim hujan kita pasti kebanjiran," ungkapnya.

"Kalau penanganan bersama, misalnya dari sisi masalah lingkungan, kalau misalnya di sana hutannya sudah gundul, Malaysia harus tangani, dan sama di kita juga menangani wilayah kita," sambungnya.

Baca juga: Gubernur Kaltara Ungkap Rencana Tekan Disparitas Harga Sembako di Perbatasan RI- Malaysia

Tak hanya persoalan banjir, Mantan Pj Bupati Tana Tidung ini berharap, pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Seimenggaris dapat terwujud.

Kata dia, jika PLBN di Seimenggaris ini bisa diwujudkan maka dapat menjadi pintu utama perbatasan darat antara Malaysia dengan Indonesia di Kaltara.

"Harapan kita, PLBN Seimenggaris ini bisa direalisasikan karena ini cukup vital, kita ingin PLBN di sana bisa seperti di Entikong," harapnya.

Kendati sudah menyiapkan topik pembahasan yang akan diajukan, pihaknya mengaku Forum Sosek Malindo baru akan digelar pada Juli mendatang, "dari Indonesia siap, tapi Malaysia minta ditunda bulan Juli nanti," tuturnya.

(*)

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi

Join Grup Telegram Tribun Kaltara untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltaracomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Jangan Lupa Like Fanpage Facebook TribunKaltara.com

Follow Twitter TribunKaltara.com

Follow Instagram tribun_kaltara

TikTok officialtribunkaltara

Follow Helo TribunKaltara.com

Subscribes YouTube Tribun Kaltara Official

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved