Berita Bulungan Terkini

Jemput Bola, Disdukcapil Bulungan Layani Perekaman e-KTP di Pulau Bunyu, Siapkan 500 Blangko

Jempput bola Disdukcapil Bulungan melakukan perekemana e-KTP kepada masyarakat di Pulau Bunyu. Ada 500 blangko yang disiapkan.

Penulis: - | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI
Suasana kantor Disdukcapil Bulungan tampak terlihat masyarakat sedang mengurus E-KTP yang berlokasi jalan Meranti Kamis (23/6/2022) 

TRIBUNKALTARA.COM, BULUNGAN-  Mendekatkan pelayanan administrasi kependudukan untuk masyarakat daerah terluar, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bulungan lakukan layanan perekaman e-KTP mobile di Kecamatan Bunyu, Pulau Bunyu.

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Bulungan Kamelia Hairid kegiatan perekaman perdana telah terlaksana sejak Senin (20/6/2022) lalu.

"Mulai senin tanggal 20 Juni kemarin kami perdana layani masyarakat Pulau Bunyu sebanyak 500 keping blangko e-KTP dan hanya menggunakan 1 alat cetak secara mobile, lalu kalau alat perekaman sudah tersedia disana," ucapnya Kamis (23/6/2022).

Baca juga: Masih Ada Masyarakat Belum Lakukan Perekaman e-KTP, Hal Ini yang Dilakukan Disdukcapil Bulungan 

Kemudian Kamelia Hairid menuturkan jika usai perekaman, masyarakat di Pulau Bunyu diperkenankan untuk mengambil KTP fisik di Disdukcapil yang berada di Tanjung Selor.

"Atau bakal dikirimkan melalui petugas desa atau kecamatan setempat," ucapnya.

Kegiatan perekaman e-KTP Disdukcapil Bulungan di Pulau Bunyu, kata Kamelia Hairid akan diadakan 3 kali dalam 1 tahun.

Baca juga: Usia 16 Tahun Bisa Lakukan Perekaman E-KTP, Kadisdukcapil Tarakan Tegaskan Urus Mandiri Lewat Online

"3 kali dalam setahun tim Disdukcapil Bulungan akan lakukan kegiatan perekaman di Pulau Bunyu karena kegiatan ini bersifat mobile," ucapnya.

Sebab kata Kamelia Hairid ketersediaan alat perekaman E-KTP milik Disdukcapil Bulungan hanya ada 1.

"Di Disdukcapil alat perekaman ada satu sebenarnya ada dua cuman satunya di MPP rusak alat perekamannya jadi cetak di kantor Disdukcapil,"ucapnya.

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Bulungan Kamelia Hairid
Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Bulungan Kamelia Hairid (TRIBUNKALTARA.COM/ GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI)

Namun belum lama ini, Kamelia Hairid mengatakan Disdukcapil Bulungan kembali dapat hibah alat perekaman e-KTP dari Pemprov Kaltara.

"Kemarin kami ada dapat hibah juga dari provinsi satu saja dan sebenarnya kita butuh juga kan perekaman di kecamatan di desa kalau jaringan bagus kita bisa cetak ditempat itu langsung, tapi selama ini kan cuman perekaman, cetaknya di Disdukcapil sini," ucapnya.

Menurut Kamelia Hairid, dalam waktu dekat Disdukcapil Bulungan akan lakukan kegiatan perekaman E-KTP di Tanjung Palas Utara.

Baca juga: Tahun 2021 Disdukcapil KTT Lampaui Target Nasional, Perekaman E-KTP Semester I Sebesar 99,12 Persen

"Karena disana jaringannya bagus dan nanti di kantor Desa Tanjung Palas Utara," ucapnya.

Lebih lanjut, Kamelia Hairid mengakui daftar tunggu perekaman e-KTP di Pulau Bunyu tidak sedikit juga sudah tercantum Disdukcapil di Tanjung Selor.

"Kebanyakan mereka pindah domisili dari Tanjung Selor ke Pulau Bunyu karena pindah kerja di sana, jadi lumayan banyak penduduknya di sana" ucapnya.

(*)

Penulis : Georgie Sentana Hasian Silalahi

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved