Berita Tarakan Terkini

Percepat Realisasi Vaksin Booster, Binda Kaltara Gandeng IKAT Vaksinasi Door to Door di Tarakan

Program vaksinasi Covid-19 masih terus dilaksanakan di Kota Tarakan. Selain Dinas Kesehatan, Binda Kaltara ikut mendukung percepatan vaksinasi booster

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Sumarsono
HO
Kegiatan vaksinasi BIN Daerah Kaltara merangkul Ikatan Keluarga Toraja (IKAT) Kota Tarakan di Kelurahan Juata Permai Minggu (26/6/2022) pagi tadi. DOK/ HUMAS BINDA KALTARA 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Kegiatan vaksinasi Covid-19 masih terus dilaksanakan di Kota Tarakan. Selain Dinas Kesehatan, Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Kaltara ikut mendukung upaya percepatan vaksinasi booster.

Kegiatan vaksinasi booster dilakukan Binda Provinsi Kaltara pada Minggu (26/6/2022) menggandeng Ikatan Keluarga Toraja (IKAT) Kota Tarakan.

Tujuan pelaksanaan vaksinasi ini sebagai langkah mendorong pandemi Covid-19 menjadi endemi.

Kegiatan vaksinasi menyasar warga yang bermukim di Jalan Cenderawasih Sektor C Intraca, Juata Permai. Kegiatan vaksinasi juga dilakukan dengan sistem door to door di Sei Bengawan.

Baca juga: Update Capaian Vaksinasi Covid-19 Kaltara, Agust Suwandy: Cakupan Vaksin Booster Baru 23,84 Persen

Kepala Binda Kalimantan Utara (Kaltara) Brigjen TNI H Andi Sulaiman mengatakan, pemberian vaksin Covid-19 dosis ketiga atau booster penting sebagai upaya masyarakat terlepas dari pandemi.

"Vaksinasi booster terbukti berhasil meningkatkan kadar kekebalan antibodi tubuh dalam melawan Covid-19, sekaligus sebagai bentuk mitigasi resiko pada pelonggaran sosial saat ini," kata Andi Sulaiman kepada awak media, Minggu (26/6/2022).

Menyoal capaian vaksinasi Covid-19, pada dasarnya menjadi tanggung jawab bersama dan tidak hanya dibebankan kepada satu instansi.

Dalam hal ini Kabinda juga menegaskan, peran media sangat besar membantu memberikan informasi kepada masyarakat.

“Maka dari itu, masyarakat luas diajak turut terlibat untuk mengencarkan dan mempercepat vaksinasi serta ikut terlibat didalamnya guna mewujudkan herd immunity,” ungkap Andi Sulaiman.

Baca juga: Vaksinasi Booster Rendah, Satgas Covid-19 Kaltara Sebut Terus Buka Layanan Vaksin Bagi Masyarakat

Pelaksanaan vaksinasi yang sering dilakukan pihaknya sejalan dengan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk terus meningkatkan capaian vaksinasi di Tanah Air, utamanya vaksinasi dosis ketiga.

"Karena ini menjadi tanggung jawab bersama yakni pemerintah pusat, daerah bersama masyarakat luas, mendorong orang segera divaksin dosis lengkap dan booster.

Pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga atau booster bagi nakes di Pos Dinkes Bulungan pada Agustus 2021 lalu.
Pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga atau booster bagi nakes di Pos Dinkes Bulungan pada Agustus 2021 lalu. (TRIBUNKALTARA.COM / MAULANA ILHAMI FAWDI)

Masyarakat juga harus tahu risiko yang bakal dihadapi dan akan terjadi ke depannya apalagi saat ini kasus Covid-19 tengah menaik yang disebabkan adanya subvarian Omicron BA.4 dan BA.5," paparnya.

Andi Sulaiman juga menegaskan bahwa seluruh vaksin yang digunakan di Indonesia sudah memenuhi standar dan manfaatnya sama untuk melindungi masyarakat dari pandemi Covid-19.

Dengan demikian bisa terbentuk kekebalan komunal yang hanya bisa dicapai dengan vaksinasi dosis primer.
“Dan ketika daya tahannya bisa menurun sehingga dosis booster sudah menjadi kebutuhan kita saat ini. Mari yang belum booster segera lanjutkan. Karena booster memberikan proteksi yang lebih baik untuk diri dan lingkungan kita,” ungkap Sulaiman.

Baca juga: Update Vaksinasi Covid-19 Kaltara, Capaian Booster Nakes Lebih 100 Persen: Tertinggi di Tana Tidung

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved