Berita Bulungan Terkini

Tangis Haru Keluarga Iringi Keberangkatan 38  CJH Bulungan, Jemaah Diingatkan Jaga Kesehatan 

38 CJH Bulungan dari Bandara Tanjung Harapan ke Embarkasi Haji Balikpapan, Selasa (28/6/2022). Tangis haru keluarga mengiringi keberangkatan Jemaah.

Penulis: - | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI
Puluhan CJH mendengar arahan dari Ketua Kloter 7 CJH Kabupaten Bulungan Muhammad Saleh di dalam Masjid Agung Istiqomah Tanjung Selor Selasa (28/6/2022). 

TRIBUNKALTARA.COM, BULUNGAN - Sebelum bertolak menuju ke Tanah Suci, para calon haji asal Bulungan berkumpul di Masjid Agung Istiqomah Tanjung Selor yang berlokasi jalan Skip II Selasa (28/6/2022) pukul 09.00 Wita sebagai titik awal keberangkatan menuju Embarkasi Haji Balikpapan, Kaltim.

Dari pantauan TribunKaltara.com tangis haru dari keluarga dan sanak saudara pun pecah mengiringi kepergian para calon haji asal Bulungan dengan menggunakan maskapai pesawat Wings Air 38 calon haji berangkat dari Bandara Tanjung Harapan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bulungan Saimin menyebutkan ke 38 orang ini terbagi atas 3 regu yang masuk dalam kloter 7 nantinya akan langsung menuju ke Madinah.

Baca juga: Tahun ini 24 CJH Malinau Masuk Kloter 7 Embarkasi Haji Balikpapan, Paling Banyak Jemaah Perempuan

"Alhamdulillah hari ini jamaah haji kita lengkap, sehat dan bugar berangkat lewat Bandara Tanjung Harapan terbang jam 10.45, bermalam 2 malam di Embarkasi Balikpapan," ungkapnya Selasa (28/6/2022).

Usai bermalam 2 hari di Embarkasi Balikpapan, semua calon haji dari Kaltara akan diberangkatkan menuju ke Jeddah pada tanggal 30 Juni 2022 sekitar pukul 14.10 wita.

Kata Saimin, kegiatannya selama 2 hari di Embarkasi Balikpapan bakal perbanyak istirahat dan akan mendapatkan penjagaan ketat oleh petugas.

Baca juga: Suami Stroke, Kurniah CJH Tana Tidung Sedih: Padahal Saya Berharap Bapak Bisa Bimbing di Sana

"Saya sendiri akan mengawal ke Balikpapan, tidak ada lagi keluarga yang bisa bertemu dan tidak ada lagi makanan dari luar masuk kedalam. Ini untuk menjaga dari hal-hal yang tidak kita inginkan," ucapnya.

Saimin menuturkan selain 38 calon haji Bulungan, Kemenag telah menunjuk 3 orang yang mendampingi menuju ke Tanah Suci.

"Yang mendampingi 1 ketua kloter dan 2 dokter," ucapnya.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bulungan Saimin
Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bulungan Saimin (TRIBUNKALTARA.COM/ GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI)

Sementara itu, Ketua Kloter 7 CJH Kabupaten Bulungan Muhammad Saleh menambahkan para calon haji saat tiba di Madinah dan Makkah, tidak boleh ada yang terpisah.

Sebab telah ditunjuk sebagai penanggungjawab yakni ketua rombongan dan ketua regu.

"Jangan keluar sendirian, saya mengimbau para CJH Bulungan selalu minta ditemani baik sama suami atau keluarganya bagi yang perempuan," ucapnya.

Baca juga: Lepas Rombongan CJH Kabupaten Tana Tidung, Kepala Kantor Kemenag: Jaga Kesehatan Selama Ibadah

Begitu juga kata Saleh saat hendak beribadah, agar selalu berkoordinasi dengan ketua rombongan dan ketua regu hal ini untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan.

"Selalu melapor kepada ketua rombongan atau ketua regu saat mau ibadah atau berbelanja. Karena pernah terjadi di tahun 2019 lalu jamaah asal Kaltara itu hilang dibawa orang, beruntung dapat ditemukan," ucapnya.

Ditempat yang sama, tim dokter yang akan mengawal para jemaah haji yaitu dokter Rahmatiah.

Saleh menuturkan agar setiap CJH orang untuk senantiasa menjaga kesehatannya terlebih informasi yang diterimanya, kondisi suhu udara di Arab Saudi begitu tinggi.

Baca juga: Cuaca Panas di Arab Saudi Capai 50 derajat Celsius, CJH Bulungan Diminta Sering Minum Air Putih

"Selalu berbekal air dan selalu konsumsi air putih. Disana juga kasus Covid-19 masih tinggi, kami minta untuk selalu pakai masker dan taat protokol kesehatan," ucapnya.

(*)

Penulis : Georgie Sentana Hasian Silalahi

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved