Breaking News:

Tjahjo Kumolo meninggal dunia

Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia, Siapa Layak jadi Menpan RB? 4 Kader PDIP Berpeluang, Ganjar Termasuk

Berita Nasional Terkini, Tjahjo Kumolo meninggal dunia, siapa layak jadi Menpan RB ? 4 kader PDIP berpeluang, Ganjar Pranowo termasuk.

Editor: Amiruddin
Warta Kota/Henry Lopulalan
Suasana pemakaman Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022). 

TRIBUNKALTARA.COM -  Berita Nasional Terkini, Tjahjo Kumolo meninggal dunia, siapa layak jadi Menpan RB ? 4 kader PDIP berpeluang, Ganjar Pranowo termasuk

Teka-teki Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( Menpan RB ) baru mulai mencuat.

Pertanyaan tersebut mencuat, setelah Menpan RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia

Politisi PDIP tersebut meninggal dunia setelah beberapa hari berjuang melawan penyakit infeksi paru-paru di Rumah Sakit

Setelah Menpan RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia, setidaknya ada empat nama kader PDIP yang mencuat untuk gantikan posisi yang ditinggal mendiang Tjahjo Kumolo

Hal itu diungkapkan oleh pengamat sosial politik Herry Mendrofa 

Empat nama kader PDIP yang dianggap berpotensi gantikan Tjahjo Kumolo tersebut memiliki rekam jejak mumpuni.

Bukan hanya di eksekutif, tetapi nama kader PDIP yang dianggap berpotensi gantikan Tjahjo Kumolo itu juga berpengalaman di legislatif.

Satu di antara empat nama kader tersebut adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Tjahjo Kumolo saat menuju Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (22/10/2019). (Tribunnews/Irwan Rismawan)
Tjahjo Kumolo saat menuju Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (22/10/2019). Politisi PDIP tersebut meninggal dunia setelah beberapa hari berjuang melawan penyakit infeksi paru-paru di Rumah Sakit pada Jumat 1 Juli 2022 kemarin. (Tribunnews/Irwan Rismawan) (Tribunnews/Irwan Rismawan)

Baca juga: Wagub Kaltara Kenal Lama Sososk Tjahjo Kumulo, Yansen TP Sebut Tokoh Penuh Integritas

Pengamat sosial politik Herry Mendrofa memproyeksi ada empat nama yang berpotensi mengisi kekosongan kursi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( Menpan/RB ).

Keempat sosok potensial itu berasal dari kader PDI Perjuangan.

“Kita lihat korelasi dengan kapasitas yang tepat seorang figur untuk menduduki jabatan MenpanRB, dan itu pasti berasal dari PDI Perjuangan,” kata Herry Mendrofa saat dihubungi Tribunnews, Sabtu (2/7/2022).

Direktur Eksekutif Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) menyebutkan, keempat kader PDI Perjuangan itu di antaranya Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Herry menjelaskan alasan dirinya memprediksi keempat sosok tersebut. Ahmad Basarah dulunya pernah menjadi Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PDIP dan punya banyak pengalaman di bidang legislatif.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved