Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

Teka-teki Menpan RB Pengganti Tjahjo Kumolo, Orang Dekat Megawati hingga Eks Pemimpin DKI Berpeluang

Teka-teki Menpan RB pengganti Tjahjo Kumolo, orang dekat Megawati hingga eks pemimpin DKI Jakarta berpeluang

Editor: Amiruddin
Tangkapan Layar YouTube PDI Perjuangan
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Teka-teki Menpan RB pengganti Tjahjo Kumolo, orang dekat Megawati hingga eks pemimpin DKI Jakarta berpeluang 

TRIBUNKALTARA.COM - Berita Nasional Terkini, teka-teki Menpan RB pengganti Tjahjo Kumolo, orang dekat Megawati hingga eks pemimpin DKI Jakarta berpeluang

Pasca Tjahjo Kumolo meninggal dunia, teka-teki Menpan RB ramai jadi pembicaraan.

Tak sedikit yang memprediksi jatah Menpan RB yang ditinggal mendiang Tjahjo Kumolo tetap akan diisi kader PDI Perjuangan

Lantas siapa kader PDI Perjuangan yang dianggap berpeluang gantikan Tjahjo Kumolo sebagai Menpan RB ?

Belakangan sejumlah kader PDI Perjuangan mencuat dan dijagokan jadi Menpan RB pengganti mendiang Tjahjo Kumolo

Nama kader yang mencuat jadi Menpan RB pengganti mendiang Tjahjo Kumolo pun berasal dari latar belakang yang beragam

Ada beberapa kader PDI Perjuangan yang dijagokan jadi Menpan RB pengganti mendiang Tjahjo Kumolo dari kalangan eksekutif, legislatif.

Ada pula mencuat nama orang dekat Megawati di PDIP hingga eks pemimpin DKI Jakarta yang dianggap berpeluang gantikan Tjahjo Kumolo sebagai Menpan RB

Pengamat politik Ujang Komarudin mengatakan tokoh yang ditunjuk oleh PDI Perjuangan untuk mengisi kursi kementerian biasanya adalah orang yang telah berjuang banyak untuk partai dan juga dekat dengan Megawati Soekarnoputri.

Hal ini berkaca dengan melihat tokoh-tokoh PDI Perjuangan saat mendapat jatah kursi menteri dalam kabinet pemerintahan Jokowi - Maruf Amin 2019 lalu.

Jika berdasar atas hal tersebut, Ujang mengatakan kemungkinan terbesar sosok yang akan diajukan Megawati untuk mengisi kekosongan kursi Menpan RB adalah Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

Baca juga: Jelang Pilpres 2024, PDI Perjuangan Dijadwalkan Gelar Rakernas Lagi Akhir Tahun Ini, Apa Agendanya?

"Kalau kita lihat tingkat prioritas, mestinya prioritas itu jatuh kepada pak Hasto sebagai sekjen. Tapi pak Hasto dari dulu kan jadi menteri pun tidak mau.

Tidak tahu kalau sekarang mau atau tidak. Kalau sekarang mau, ya kemungkinan ada di tangan pak Hasto," jelas Ujang kepada Tribunnews, Senin (4/7/2022).

Namun, lanjut Ujang, jika Hasto masih menolak seperti ketika ditawarkan menjadi menteri dalam kabinet pemerintahan Jokowi - Maruf Amin 2019 lalu, kemungkinan kursi Menpan RB akan berpindah ke tangan lain.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved