Berita Bulungan Terkini

Polres Bulungan Siap Melakukan Pengamanan Pembangunan KIPI Tanah Kuning

Polres Bulungan siap melakukan pengamanan di kawasan KIP yang ada di Daerah Tanah Kuning Mangkupadi Kabupaten Bulungan.

TRIBUNKALTARA.COM/ GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI
Kapolres Bulungan AKBP Ronaldo Maradona Siregar (Kanan) didampingi Waka Polres Bulungan Kompol Muhammad Musni (Kiri) saat memberikan keterangan kepada beberapa awak media Selasa (5/7/2022) 

TRIBUNKALTARA.COM, BULUNGAN - Bentuk keseriusan Presiden RI Joko Widodo dalam memindahkan Ibukota Negara dari Jakarta menuju ke Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), yang kini bernama Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Untuk itu semua diminta untuk mendukung termasuk TNI dan Polr dalam  melakukan pengamanan.

Menggapi hal ini Kapolres Bulungan AKBP Ronaldo Maradona Siregar mengatakan, pihaknya mendukung dalam pengamanan melakukan pengamanan,

"Walaupun kita tidak terdampak langsung pembangunan IKN, tapi di Bulungan itu ada beberapa proyek strategis salah satunya KIPI," ujarnya Selasa (5/7/2022).

Baca juga: Ada Proyek KIPI dan Layani Masyarakat, Damri akan Membuka Rute Tanjung Selor - Mangkupadi

Menurut Ronaldo, sebagai daerah penyangga, Bulungan harus siap. Pasalnya kawasan industri dan pelabuhan internasional (KIPI) menjadi kawasan industri hijau terbesar di dunia yang nantinya juga dimanfaatkan bagi IKN.

"Diwilayah Polres Bulungan ini ada KIPI yang sudah mulai berjalan, nantinya berguna sebagai Supporting System bagi IKN," ungkapnya.

Tak hanya KIPI, di Bulungan juga terdapat pembangunan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) di Kecamatan Peso.

Baca juga: Dorong Percepatan Pembangunan, Dua Investor Proyek KIPI Tanah Kuning Dievaluasi Pemkab Bulungan

Hal ini juga menjadi pengawasan dari kepolisian agar proyek itu sukses, yang nantinya juga untuk kepentingan masyarakat Bulungan.

"Mari kita saling berangkulan dan bersatu padu mendukung rencana besar ini. Tak hanya lewat kata-kata tapi terlihat dari perbuatan dan tingkah laku kita," ungkapnya.

Dia menjelaskan ketika terjadi komunikasi dan koordinasi yang baik antara masyarakat, unsur pemerintah, unsur pemberi izin dan rekomendasi, aparat penegak hukum dan investor yang mengelola maka pembangunan proyek strategis pemerintah ini dapat berjalan.

Presiden RI Joko Widodo saat melakukan groundbreaking KIPI di Desa Mangkupadi, pada Desember 2021
Presiden RI Joko Widodo saat melakukan groundbreaking KIPI di Desa Mangkupadi, pada Desember 2021 (TRIBUNKALTARA.COM/ HO-Humas Kemenko Marves)

"Ketika semua sepakat, maka semoga kita bisa mempercepat pembangunan yang ada. Saya imbau masyarakat dan elemen lainnya untuk mendukung program dan kebijakan ini," ucapnya.

Sebab ketika ini sudah berjalan, maka dampak positifnya semua masyarakat Bulungan merasakan manfaatnya.

Baca juga: Sekda Bulungan Risdianto Sebut BPKP Turut Evaluasi Proyek KIPI Tanah Kuning-Mangkupadi

"Sebab makin cepat terlaksana dampaknya juga ada buat perkembangan Kabupaten Bulungan," ucapnya.

(*)

Penulis: Georgie Sentana Hasian Silalahi

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved