Berita Nasional Terkini

Pengalaman di Luar Negeri Jadi Pertimbangan Gubernur Anies Bangun Jakarta: Saya Pernah Hidup Susah

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengaku pernah hidup susah saat tinggal di luar negeri. Hidup pas-pasan mengandalkan bantuan keluarga.

Editor: Sumarsono
wartakota
(Kiri ke kanan) Moderator sekaligus Manager Wartakotalive.com Suprapto, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan, Inspektur Kodam Jaya Brigjen TNI Triadi Murwanto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Kejati DKI Jakarta Reda Manthovani, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anzani dan CEO Titipku Henri Suhardja, berbincang saat acara diskusi di Balaikota Jakarta, Kamis (7/7/2022). 

TRIBUNKALTARA.COM, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengaku pernah hidup susah saat tinggal di luar negeri.  Hidup pas-pasan mengandalkan bantuan keluarga atau bahkan menerima bantuan sosial.

Pernah juga mendapat banyak perlakuan yang bernada merendahkahnya.

Semua ia jadikan sebagai modal untuk menerbitkan kebijakan kala menjadi Gubernur, yang berpihak pada kalangan bawah.

Cerita itu Anies ungkapkan saat jamuan malam dengan Chief Executive Officer (CEO) Tribun Network beserta jajaran di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka  Selatan, Kamis (7/7/2022).

Menu nasi goreng bungkus disajikan di ruang jamuan, di lantai dasar, seberang ruang kerja Gubernur DKI Jakarta.

Sore sebelumnya, Anies menjadi pembicara kunci talkshow nasional Jakarta Kota Global yang diselenggarakan Warta Kota – Tribun Network juga di Balai Kota.

“Saya coba refleksi ke belakang. Saya pernah tinggal di luar negeri. Ingat tinggal, beda dengan berkunjung ya.

Sebagian saya mengalami hidup susah. Lalu mendapat bantuan saudara-saudara, atau keluarga. Juga mendapat bantuan sosial.

Saya juga pernah tinggal di rumah sempit, ukuran sekira ruangan inilah,” ujar Anies sembari menunjuk ruangan ukuran kira-kira 4 x 6 meter.

Selain bicara susah, Anies juga belajar dari negara maju dan modern. Misalnya, pembangunan kawasan yang didahului pemasangan infrastruktur semacam kabel listrik, telepon dan internet.

"Ketika tiba saatnya membangun rumah di satu jalan, tinggal mudah menarik kabel. Tinggal mencolokkan. Itu luar biasa sekali," kata Anies.

Baca juga: Rembuk Rakyat PSI Tiada Nama Gubernur DKI Jakarta, Tegas tak Dukung Anies Baswedan jadi Capres 2024

Anies pernah mengenyam pendidikan di bangku SMA dan perguruan tinggi di negara lain. Pernah tinggal lama di Amerika Serikat. Paris, Prancis dan Tokyo, Jepang.

Dia buru-buru menambahkan, “Saya tidak pernah cerita ini. Khawatir dikatain (mentang-mentang, Red). Saya perlu sampaikan, saya tinggal, berdomisili di negara lain, bukan sekadar berkunjung.”

Anies mengatakan, perlu menyampaikan hal itu agar orang lain dan masyarakat memahami posisi dan kebijakan publik yang diambil sebagai gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved