Berita Bulungan Terkini

Perbaikan Jalan ke KIPI, Pemkab Bulungan Terus Jalin Kerjasama dengan Perusahaan Lewat Kegiatan CSR

Perbaikan jalan menuju KIPI, Pemkab Bulungan terus jalin kerjasama dengan perusahaan lewat kegiatan CSR, Syarwani sebut jalan rusak sudah tak banyak.

Penulis: - | Editor: M Purnomo Susanto
TRIBUNKALTARA.COM/GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI
Kondisi ruas jalanan di Kecamatan Tanjung Palas Timur pada Sabtu (12/3/2022) saat dilalui kendaraan operasional Pemkab Bulungan. 

TRIBUNKALTARA.COM, BULUNGAN - Perbaikan jalan menuju KIPI, Pemkab Bulungan terus jalin kerjasama dengan perusahaan lewat kegiatan CSR, Syarwani sebut jalan rusak sudah tak banyak.

Meminimalisir kondisi infrastruktur jalan antar kecamatan dan desa di Bulungan, menjadi salah satu prioritas pembangunan Pemkab Bulungan.

Sejauh ini perbaikan terus dilakukan dengan memaksimalkan kegiatan CSR bersama perusahaan yang ada di Kabupaten Bulungan

Perihal tersebut disampaikan Bupati Bulungan Syarwani masih banyak pekerjaan rumah Pemkab Bulungan berkaitan dengan infrastruktur menjadi kebutuhan akses jalan aktivitas masyarakat.

Baca juga: Antrean Kendaraan Kerap Mengular, Pemkab Bulungan Minta Kuota Solar dari Pertamina Bertambah

Namun dengan kondisi anggaran daerah terbatas, cukup sulit untuk bisa melakukan perbaikan semua, seperti salah satu contoh yakni akses jalan menuju enam desa di wilayah Tanjung Palas Timur.

“Kalau kita mau fokuskan seluruh kekuatan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah), mungkin satu titik bisa selesai. Tetapi, juga perlu kita pertimbangkan bagaimana kegiatan lain yang sudah kita programkan,” ucapnya Kamis (7/7/2022).

Menurut Syarwani, dukungan dari pemerintah pusat sangat dibutuhkan apalagi seiring hadirnya proyek strategis nasional (PSN) di Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Tanah Kuning-Mangkupadi di Kecamatan Tanjung Palas Timur, Bulungan seharusnya infrastruktur pendukung KIPI harus jadi perhatian pusat.

“Secara resmi saya juga sudah sampaikan ke Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), juga melalui Kemenko Marves (Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi). Semoga saja ada atensi khusus untuk itu,” ungkapnya.

Lebih lanjut kata Syarwani, saat ini kondisi jalan yang masih rusak tersisa hanya beberapa spot saja.

"Berdasarkan penghitungan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang hanya ada 30 persen ruas jalan yang rusak di Bulungan dan memang walaupun tidak bisa diperbaiki secara keseluruhan. Minimal spot yang rusak itu dulu diprioritaskan. Apalagi jalan itu cukup panjang, sekitar 70 kilometer (km),” ujarnya.

Baca juga: Dapat Bantuan Keuangan dari Pemprov Kaltara Rp 30 M, Pemkab Bulungan Alokasikan ke Kegiatan Fisik

Selain itu, Syarwani juga berharap yang sama (dukungan pusat) untuk ruas jalan penghubung antar Kecamatan Tanjung Selor-Tanjung Palas Barat sepanjang kurang lebih 100 km.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Bulungan Khairul menuturkan perbaikan dua ruas jalan itu memang belum bisa terakomodir melalui APBD Bulungan karena kebutuhan anggaran cukup besar.

“Sementara ini kita berharap ada support dari pemerintah pusat,” ucapnya.

Penulis : Georgie Sentana Hasian Silalahi

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved