Berita Tarakan Terkini

Salat Idul Adha di Masjid Islamic Center Dipadati Ribuan Jemaah, 15 Ekor Sapi Kurban Disembelih

sekitar 6 ribu jemaah memadati Masjid Batul Izzah Islamic Center untuk menenunaikan salat Idul Adha. Walikota Tarakan Khairul hadir sampaikan sambutan

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH
Ribuan jemaah memenuhi lantai satu dan lantai dua Masjid Islamic Center Kota Tarakan, Minggu (10/7/2022). 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Minggu (10/7/2022) kemarin, pelaksanaan salat Idul Adha di Masjid Baitul Izzah Islamic Center dipadati warga Tarakan yang tumpah ruah dari segala sisi.

Pantauan TribunKaltara.com, mulai dari halaman parkiran depan, dan kanan serta kiri full dipenuhi kendaraan roda dua dan roda empat.

Di masjid sendiri, seluruh lantai full terisi jemaah yang ingin melaksanakan salat Idul Adha tahun ini.
Diakui Juliansyah, Kepala Pelaksana Masjid Baitul Izzah Islamic Center, jumlah jemaah yang datang tahun ini hampir sama dengan jemaah yang datang di Idul Adha tahun 2021 lalu.

Baca juga: Muhammadiyah Tarakan Potong 9 Ekor Sapi Kurban, Bagikan ke Mustahik dan Warga Sekitar Masjid

Jemaah tahun lalu berjumlah 6.000-an yang datang dan untuk lantai satu sendiri memuat 5.000 jemaah untuk ruang utama.

“Alhamdulillah pelaksanaan berjalan lancar. Hadirkan khatib K.H. Alias dari Palu Sulteng dan juga Pak Wali Kota hadir memberikan sambutannya sebelum pelaksanaa salat berlangsung,” beber Juliansyah.

Adapun tahun ini Masjid Islamic Center berhasil mengumpulkan 14 ekor sapi dan 20 ekor kambing. Penyembelihan berlangsung tiga hari sampai tanggal 12 Juli 2022 besok.

Baca juga: Warga LDII Sembelih Hewan Kurban Pakai Alat Peringkus, Tahun Ini 54 Ekor Sapi, Siapkan 1.000 Kupon

Adapun penerima daging kurban, pihaknya sudah mendata sebanyak 1.450 mustahik yang akan diberikan. Sistemnya setiap tahun sama pembagian zakat, daging kurban diantarkan ke rumah mustahik masing-masing secara door to door.

“Karena kami sudah punya datanya. Kami juga masih hindari penumpukan massa karena masih pandemic jadi dari dulu, baik pembagian zakat dan kurban diantar ke rumah mustahik,” bebernya.
Ia melanjutkan, mustahik sendiri tersebar di empat kecamatan Kota Tarakan dan pihaknya melihat realisasi kurban di masing-masing wilayah.

Wali Kota Tarakan, dr.Khairul, M.Kes serahkan sapi kurban ke pihak Masjid Islamic Center Kota Tarakan.
Wali Kota Tarakan, dr.Khairul, M.Kes serahkan sapi kurban ke pihak Masjid Islamic Center Kota Tarakan. (TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH)

“Misalnya satu wilayah banyak kurban maka yang disalurkan sedikit di wilayah itu supaya bisa berbagi dengan wilayah lain. Kami alihkan di tempat minus misalnya Juata Laut yang penerimanya banyak dan yang kurban sedikit,” ungkapnya.
Termasuk wilayah Amal dan Mamburungan penerima banyak dan jumlah kurban sedikit di wilayah tersebut dan itu menjadi prioritas.

Ia menyembutkan, usai kegiatan salat Id, Wali Kota Tarakan, dr.Khairul, M.Kes juga menyerahkan langsung sapi kurban untuk disembelih kemarin.

Baca juga: Cerita Kelompok Pengikat Rumput Laut di Nunukan Beli 2 Ekor Sapi Kurban, Patungan Rp 7.500 Per Hari

“Jadi sebenarnya hitungannya dua ekor. Satu ke Baznas satu ke Islamic Center. Tapi hitungannya dua-dua tetap lari ke Islamic Center karena Baznas fokus pemotongan di Islamic Center. Jadi hitungannya pemerintah sumbang dua ekor sapi tahun ini,” urainya.

Juliansyah mengakui, target tahun lalu 15 ekor namun yang diperoleh hanya 10 ekor sapi dan 7 ekor kambing.
“Tahun ini target 15 ekor sampi dan 10 ekor kambing tapi alhamdulillah bisa dapat sampai 20 ekor kambing,” pungkasnya.

(*)

Penulis: Andi Pausiah

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved