Berita Kaltara Terkini

Ranking Dua, Nurul tak Lulus Polwan, Orangtua Kirim Surat ke Kapolri, Ini Jawaban Polda Kaltara

Nardi, orangtua Nurul Huda, peserta yang lulus Polwan kirim surat kepada Kapolri. Nardi merasa heran anaknya rangking 2 se-Polda Kaltara tak diterima.

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ MAULANA ILHAMI FAWDI
Kabid Humas Polda Kaltara, Kombes Pol Budi Rachmat memberikan penjelasan terkait keluhan orangtua peserta seleksi Polwan yang merasa ranking 2, tapi tidak lolos. 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Orangtua peserta seleksi Polwan di Polda Kaltara yakni Nardi mengirimkan surat terbuka kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit.

Surat terbuka berisi kekecewaan dan berharap akan ada kebijaksanaan dari petinggi Polri.

Nardi nekat mengirim surat lantaran putrinya,  yakni Nurul Huda dinyatakaan tak lulus penerimaan Bintara Kompetensi Khusus (Bakomsus) Logistik.

Padahal Nurul Huda yang mendaftar di Polres Tarakan itu tercatat menempati ranking dua dari sejumlah hasil tes yang dilaluinya.

Baca juga: Cerita Anak Tukang Ojek Pangkalan Lolos Jadi Polwan, Raih Peringkat 1 Bintara PTU Polda Kaltara

Menanggapi hal tersebut, pihak Polda Kaltara menyampaikan pemeringkatan atau ranking dalam penerimaan Bakomsus Logistik didasarkan pada pemeringkatan secara nasional.

Artinya, kendati Nurul Huda menempati posisi kedua di Polda Kaltara, namun berdasarkan pemeringkatan tingkat nasional dirinya dinyatakan tak lolos.

Hal ini diungkapkan oleh Kabid Humas Polda Kaltara, Kombes Pol Budi Rachmat, Selasa (12/7/2022).

Baca juga: Oknum Polwan Ancam Bunuh Warga yang Merekam Razia Viral, Kapolresta Kupang Kota Langsung Klarifikasi

"Memang nilai kedua terbaik di Bakomsus Logistik Polda Kaltara, tapi untuk peringkat Bakomsus Logistik secara nasional nilainya di bawah ranking 20, sehingga tidak terpilih," kata Kombes Pol Budi Rachmat.

Kombes Pol Budi mengatakan, kuota Bakomsus Logistik, khususnya untuk Polwan hanya sebanyak 20 orang secara nasional, sehingga tidak semua Polda di Indonesia dapat terakomodasi formasi tersebut.

ILUSTRASI - Polwan. (TribunKaltara.com)
ILUSTRASI - Polwan. (TribunKaltara.com) (TribunKaltara.com)

"Untuk Bakomsus Polwan Logistik karena jumlahnya hanya 20 orang, jadi dari 34 Polda terbaik itu disaring lagi menjadi 20 orang," ungkapnya.

"Kalau misalnya kuotanya 100 orang, kemungkinan masing-masing Polda akan terakomodir," sambungnya.

Baca juga: Polwan Cantik Asal Kaltim jadi Pasukan Taktis, Dikirim Polri ke Afrika Tengah Bawa Misi Perdamaian

Lebih lanjut, ia menyampaikan agar Nurul Huda tak patah semangat dan dapat mencoba penerimaan Polri pada tahun berikutnya.

"Kalau memenuhi syarat usia dan sebagainya, berarti masih bisa ikut, mudah-mudahan tahun depan diterima menjadi anggota Polri Polda Kaltara amin," ucapnya.

(*)

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved