Berita Kaltara Terkini

Diundang ke Istana, Gubernur Kaltara Zainal Sebut Presiden Serius Soal KIPI Tanah Kuning-Mangkupadi

Belum lama ini Gubernur Kaltara datang ke istana negara bertemu dengan Presiden Jokowi. Pertemuan ini presiden serius Pemnbangunan KIPI Tanah Kuning.

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ HO-Humas Menko Marves
Gubernur Kaltara Zainal Paliwang dan Bupati Bulungan Syarwani saat groundbreaking KIPI Tanah Kuning Mangkupadi pada Desember 2021 lalu 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Presiden RI Joko Widodo mengundang Gubernur Kaltara, Zainal Paliwang, ke Istana pada Senin lalu.

Undangan tersebut untuk membahas progres pembangunan KIPI Tanah Kuning-Mangkupadi.

Menurut Gubernur Zainal, Presiden Jokowi sangat serius terhadap pembangunan kawasan industri hijau itu.

Baca juga: Sering Terjadi Masalah Legalitas Pertanahan, Pemkab Bulungan Bentuk Tim Pengawasan Khusus di KIPI

"Presiden sangat serius, karena beliau dari groundbreaking hadir dan monitor terus," kata Zainal Paliwang, Rabu (13/7/2022).

Dirinya menjelaskan, Presiden RI memerintahkan jajaran menteri kabinet untuk mendukung penyelesaian izin dan dokumen terkait KIPI.

Bahkan, orang nomor satu di Indonesia itu memberikan tenggat waktu hingga akhir bulan ini agar segala dokumen perizinan dapat diselesaikan.

Baca juga: Bahas Proyek KIPI Tanah Kuning Mangkupadi, Kapolda Kaltara Dialog Tatap Muka Dengan Warga Terdampak

"Jadi kemarin kami sampaikan kendala-kendala, dan beliau perintahkan akhir Juli ini perizinan dan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk kawasan bisa tuntas semua," katanya.

"Beliau juga meminta kementerian yang terlibat di PSN ini juga proaktif membantu percepatan penyelesaian dokumen-dokumen," sambungnya.

Presiden RI Joko Widodo saat groundbreaking KIPI Tanah Kuning Mangkupadi pada Desember 2021 lalu
Presiden RI Joko Widodo saat groundbreaking KIPI Tanah Kuning Mangkupadi pada Desember 2021 lalu (TRIBUNKALTARA.COM/ HO-Humas Menko Marves)

Tak hanya dari sisi dokumen dan perizinan, menurut Gubernur Zainal, progres pembangunan KIPI juga akan mulai terlihat tatkala dermaga atau jetty dibangun di area lokasi kawasan industri.

Pembangunan dermaga sementara itu, kata dia, untuk membantu mobilisasi alat-alat berat dan juga material untuk pembangunan kawasan industri.

Baca juga: Perbaikan Jalan ke KIPI, Pemkab Bulungan Terus Jalin Kerjasama dengan Perusahaan Lewat Kegiatan CSR

"Lalu Agustus awal sudah berproses jetty sementara, ini untuk memperlancar proses masuk alat-alat untuk pembangunan di situ," tuturnya.

"Karena kalau tidak ada alat-alat bagaimnaa mau membangun," papar Zainal Paliwang.

(*)

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved