Berita Tarakan Terkini

Pemkot Tarakan Percepat Vaksinasi Booster, Realisasi Vaksin Dosis Ketiga Baru 22,60 Persen

Realisasi vaksinasi booster di Tarakan baru mencapai 22, 60 persen. Melihat hal ini Pemkot Tarakan percepat pemberian vaksin dosis ketiga.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH
Vaksinasi booster bakal diterapkan kembali jadi syarat perjalana bepergian keluar daerah dan akan diberlakukan pemerintah beberapa pekan lagi. 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN - Percepatan realisasi booster atau suntikan vaksinasi ketiga Covid-19 terus dikebut.

Meski demikian, angka realisasinya sendiri di Tarakan baru mencapai 22,60 persen data per 14 Juli 2022 sore kemarin.

Persyaratan booster sesuai yang disampaikan Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas kabinet dan akan diatur melalui Peraturan Satgas serta peraturan turunan lainnya.

Baca juga: Vaksin Booster Jadi Syarat Perjalanan, PT Pelni Tarakan Siap Terapkan ke Penumpang

Merespons hal ini, Wali Kota Tarakan, dr. Khairul pada dasarnya mendukung kebijakan tersebut. Pihaknya sudah menyiapkan vaksinasi melalui fasilitas kesehatan dan instansi lain yang ikut bekerja sama mulai dari TNI dan Polri serta BINDA.

Sehingga lanjutnya, jika sudah vaksinasi sampai dosis ketiga, maka tidak perlu lagi menyertakan hasil swab test PCR bagi para pelaku perjalanan kelak yang ingin bepergian keluar Kaltara.

“Saya kira itu untuk memudahkan masyarakat dan keselamatan semua,” urainya.

Baca juga: Kembali Jadi Syarat Perjalanan, Dinkes Kaltara Minta Kabupaten/Kota Genjot Capaian Vaksin Booster

Diakuinya memang vaksinasi dosis ketiga belum sesuai target. Baru mencapai 42.289 jiwa untuk sasaran booster usia di atas 18 tahun ke atas.

“Cakupannya juga masih 20-an persen,” ujarnya.

Vaksinasi booster bakal diterapkan kembali jadi syarat perjalana bepergian keluar daerah dan akan diberlakukan pemerintah beberapa pekan lagi.
Vaksinasi booster bakal diterapkan kembali jadi syarat perjalana bepergian keluar daerah dan akan diberlakukan pemerintah beberapa pekan lagi. (TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH)

Berbeda dengan realisasi dosis pertama dan kedua menurutnya sudah hampir 100 persen. Tercatat rilis Satgas Penanganan Covid-19 Tarakan, dosis pertama mencapai 98,78 persen dan dosis kedua 84,81 persen.

Baca juga: Vaksinasi Booster jadi Syarat Perjalanan, Berlaku Efektif Mulai 17 Juli 2022

Untuk itu pihaknya mendorong masyarakat ketika ada faskes dan instansi membuka vaksinasi agar segera menyelesaikan dosis ketiga.

(*)

Penulis: Andi Pausiah

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved