Berita Tarakan Terkini

Seminar di Universitas Terbuka Tarakan, Sinergi Triple Helix Diharap Wujudkan Lulusan Berkualitas

Universitas Terbuka Tarakan gelar seminar akademik mengusung tema “Penguatan Kapasitas SDM sebagai Esensi Pembangunan dan Inovasi Sabtu (16/7/2022).

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Amiruddin
TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH
Direktur Universitas Tarakan, Rahmaddian, S.E.,M.M saat menyerahkan cindera mata kepada Wali Kota Tarakan, dr.Khairul,M.Kes usai mengisi kegiatan Seminar Akademik pada Sabtu (16/7/2022). TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Perlunya sinergi triple helix melibatkan pemerintah dan kampus sebagai lembaga akademik serta industri sebagai mitra, menjadi kunci kampus bisa menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Dengan sinergi triple helix ini, lulusan kampus bisa aktif berpartisipasi dalam persaingan global di era digital dan industri kreatif saat ini sedang dihadapi.

Ini disampaikan Direktur Universitas Terbuka Tarakan, Rahmaddian dalam kegiatan seminar akademik mengusung tema “Penguatan Kapasitas SDM sebagai Esensi Pembangunan dan Inovasi Daerah” yang dilaksanakan, Sabtu (16/7/2022) kemarin.

Untuk diketahui, seminar tersebut juga bagian dari rangkaian kegiatan wisuda yang dilaksanakan Universitas Terbuka Kota Tarakan pada Minggu (17/7/2022) hari ini.

Direktur Universitas Terbuka Tarakan, Rahmaddian memberikan paparan bagaimana Universitas Terbuka memiliki tantangan berat yakni menjangkau wilayah yang tidak terjangkau perguruan tinggi yang ada di Kaltara.

Dalam hal ini kata Rahmaddian, UT juga diberi tugas untuk meningkatkan kompetensi tenaga pendidik atau guru yang tidak bisa kuliah di universitas konvensional karena tidak bisa meninggalkan tugasnya.

Baca juga: Universitas Terbuka Tarakan Perdana Gelar Wisuda,Prosesi Diikuti 361 Mahasiwa Kaltara Secara Virtual

“Tidak hanya merekrut mahasiswa, dan memberikan layanan akademik yang optimal dengan beragamnya layanan bantuan belajar dan asesmen yang terstandar, UT juga berkomitmen untuk memberikan bekal pengetahuan di luar bidang akademik mahasiswa,” beber Rahmaddian.

Itu dimulai dari kegiatan peningkatan hard-skill maupun soft-skill mahasiswa. Salah satunya melalui beragam kegiatan kemahasiswaan seperti Seminar Akademik yang dilaksanakan kemarin.

Ini dilakukan lanjutnya agar kualitas lulusan UT dapat bersaing dengan lulusan perguruan tinggi konvensional dan dapat berkontribusi terhadap pambangunan daerah.

Berbicara potensi Kalimantan Utara dari segi Sumber Daya Alam dan SDM menurut Rahmaddian, sudah sangat baik.

Sejak inisiatif pemerintah untuk melakukan pembangunan dari wilayah terluar, banyak perubahan ke arah yang lebih baik dari segi sarana.

Sehingga lanjutnya, ke depan bagaimana menjadikan potensi pariwisata, ekonomi kreatif, sosial budaya, dan lingkungan di wilayah Kalimantan Utara merupakan tugas masing-masing wisudawan yang diwisuda hari ini.

Ia mengungkapkan, melalui kegiatan seminar bisa melihat di lapangan bagaimana kondisi potensi sumber daya, sinergi triple helix (antara pemerintah, kampus sebagai lembaga akademik, dan industri sebagai mitra pemerintah dan kampus), serta kesiapan SDM.

“Ini agar bisa aktif berpartisipasi dalam persaingan global di era digital dan industri kreatif saat ini,” urainya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved