Berita Kaltara Terkini

Masa Jabatan Anggota Bawaslu di Kaltara Berakhir Tahun Depan, Ini Kata Ketua Bawaslu Kaltara Suryani

Masa jabatan anggota Bawaslu di Kaltara berakhir tahun depan, ini tanggapan Ketua Bawaslu Kaltara Suryani.

Penulis: Mohamad Supri | Editor: M Purnomo Susanto
TRIBUNKALTARA.COM / MOHAMMAD SUPRI
Ketua Bawaslu Provinsi Kalimantan Utara, Suryani saat diwawancarai seusai melaksanakan program "Bawaslu Memdengar" di Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Senin (18/7/2022). 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Anggota Bawaslu di seluruh Indonesia akan mengakhiri masa jabatannya mendekati puncak tahapan Pemilu Serentak 2024.

Sama halnya anggota Bawaslu Provinsi Kaltara dan 5 Bawaslu kabupaten/kota termasuk Malinau, masa jabatannya dijadwalkan berakhir tahun 2023.

Saat dikonfirmasi terkait persoalan ini, Ketua Bawaslu Kalimantan Utara, Suryani menerangkan pihaknya menyerahkan persoalan tersebut kepada pimpinannya di Bawaslu RI.

"Hak dan wewenang perekrutan ada di Bawaslu RI. Apakah dipercepat agar tidak berdampak pada proses atau tahapan yang berjalan, tentu ini jadi pertimbangan," ujarnya saat ditemui di Malinau, Senin (18/7/2022).

Baca juga: Tokoh Masyarakat dan Adat Sesungai Malinau Sambangi DPRD Kaltara, Di RDP ini Yang Disampaikan

Suryani menerangkan, mengacu pada masa jabatan anggota Bawaslu kabupaten/kota hingga provinsi dijadwalkan pada 2023 mendatang.

Dikutip dari Tribunnews.com, Ketua Bawaslu RI, Abhan menjelaskan ada 1.914 anggota dari 514 Bawaslu kabupaten kota dan 188 anggota Bawaslu 34 Provinsi bakal mengakhiri jabatannya tahun 2023.

Suryani menerangkan, Anggota Bawaslu Provinsi Kaltara dan Bawaslu di 5 kabupaten/kota tetap menjalankan tugas dan fungsi hingga proses rekrutmen dilaksanakan.

"Yang jelas, kami akan bekerja sesuai kewenangan kami memastikan tahapan terus berjalan. Kalaupun dalam perjalanan ada proses rekrut, kami tetap menjalankan tugas secara profesional," ungkapnya.

Baca juga: DPRD Kaltara Minta Pemerintah Pastikan Status Jalan di Malinau: Jalan Negara, Swasta tak Boleh Lewat

Menurutnya, pihaknya juga siap jika nantinya dilaksanakan proses rekrutmen dan mendaftarkan diri melanjutkan periode selanjutnya.

"Dan, juga mempersiapkan diri kami untuk melanjutkan ke periodesasi berikutnya," kata Suryani.

(*)

Penulis : Mohammad Supri

Sumber: Tribun Kaltara
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved