Berita Tarakan Terkini

Dulu Dikenal Kebun Binatang Mini, Wali Kota Tarakan Khairul Resmikan Wahana Persemaian Indah

Dulu dkenal kebun binatang mini, kini menjadi Wahana persemaian indah, Wali Kota Tarakan Khairul hadir resmikan Wahana Persemaian Indah.

TRIBUNKALTARA.COM/GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI
Walikota Tarakan Khairul beserta organisasi perangkat daerah didampingi Direktur Surya Gemilang sekaligus penanggung jawab wisata Wahana Persemaian Indah, Normansyah saat mengunjungi dan Wahana Persemaian Indah, Jumat (29/7/2022) sore. 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN -  Walikota Tarakan Khairul beserta organisasi perangkat daerah (OPD) terkait sore ini menghadiri acara peresmian Wahana Persemaian Indah yang berada di Jalan Aki Balak.

Menurut Khairul dengan dibukanya Wahana Persemaian Indah menjadi alternatif tujuan wisata masyarakat, baik di Kota Tarakan sendiri, maupun dari luar daerah.

"Wisata Persemaian, kita ketahui, telah dikenal sejak dahulu, dengan keberadaan kebun binatang mini dan atraksi lainnya yang hanya tinggal kenangan. Sehingga dengan dibukanya tempat ini, akan membuka kembali keramaian Wana Wisata Persemaian," ucapnya Jumat (29/7/2022).

Tak hanya itu, Khairul mengimbau kepada pengelola Wahana Wisata Persemaian Indah, supaya tempat parkir, toilet, musholla, dan fasilitas lainnya untuk dapat dirawat dengan baik termasuk dijaga kebersihannya.

Baca juga: Cari Sebab SB Minsen Terbakar di Perairan Pas Payau, Polair Polres Tarakan Periksa Motoris dan ABK

Walikota Tarakan Khairul saat mengunjungi dan meresmikan Wahana Persemaian Indah, pada Jumat (29/7/2022) sore.
Walikota Tarakan Khairul saat mengunjungi dan meresmikan Wahana Persemaian Indah, pada Jumat (29/7/2022) sore. (TRIBUNKALTARA.COM/GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI)

"Sehingga pengunjung merasa aman dan nyaman selama berada di kawasan ini. Selain itu, keamanan penggunaan beberapa fasilitas yang ada, juga perlu diperhatikan oleh para pengelola," ucapnya.

Lebih lanjut kepada OPD terkait, Khairul meminta untuk turun tangan juga melakukan perawatan sehingga tempat wisata tersebut akan tetap terus eksis sesuai yang diharapkan bersama.

"Saya juga mengharapkan kepada seluruh pelaku usaha kuliner serta masyarakat yang berkunjungan ke kawasan ini untuk memanfaatkan fasilitas dengan semaksimal dan senantiasa menjaga fasilitas yang ada sehingga dapat dinikmati secara terus-menerus," ucapnya.

Selain itu, Khairul mengakui berbagai upaya terus dilakukan Pemkot Tarakan untuk memaksimalkan potensi pariwisata.

"Selain penataan destinasi wisata yang terus dilanjutkan, sumber daya manusia pariwisata dan pelaku ekonomi kreatif juga terus ditingkatkan semuanya dilakukan guna menjadikan sektor pariwisata menjadi sektor yang benar-benar dapat menjadi penggerak ekonomi masyarakat,"ucapnya.

Terpisah, Direktur Surya Gemilang sekaligus penanggung jawab wisata Wahana Persemaian Indah, Normansyah menambahkan luas lokasi wisata mencapai 3 Hektare.

Baca juga: Belum Capai Target, Dinas Kesehatan Tarakan Akui Pelaksanaan Imunisasi BIAN Baru 64,2 Persen

"Luas lahan disini 3 hektare," ucapnya.

Tak hanya itu, Normansyah akui
beberapa tahun lalu sudah pernah mencoba urus perizinan.

"Cuman tidak bisa tembus, ternyata tahun kemarin kita lobby lagi alhamdulillah dapat izin dari Inhutani pusat, kalau tidak salah bulan 2 tanggal 14 saya ke jakarta tanggal 15 pertemuan alhamdulillah hari itu juga sudah ada keputusan bahwa kita boleh mengelola," ucapnya.

Diketahui dari Normansyah lahan milik PT Inhutani tersebut disewa per tahun untuk dijadikan kawasan Wahana Persemaian Indah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved