Berita Tarakan Terkini

Kembali Lakukan Razia, Kalapas Tarakan Tegaskan Siap Bersinergi dan Terbuka Bagi Aparat Hukum

Kembali lakukan razia, Kalapas Tarakan tegaskan siap bersinergi dan terbuka bagi aparat hukum.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: M Purnomo Susanto
DOKUMENTASI HUMAS LAPAS KELAS IIA TARAKAN
Kegiatan razia penggeledahan rutin secara internal dilaksanakan menyasar warga binaan dalam Lapas Kelas IIA Tarakan. 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Menindaklanjuti kembali pemberitaan yang disampaikan pihak Polres Nunukan dan Satgas Pamtas, Lapas Kelas IIA Tarakan siap membuka diri dan bersinergi.

Hingga Minggu (7/8/2022), ia bersama tim sudah mengerahkan tim dan berupaya mencari nama yang dimaksudkan pihak Satgas Pamtas dan Reskoba Polres Nunukan.

Dikatakan Kepala Lapas Kelas IIA Tarakan, Arimin, upaa ini sebagai wujud membantu dan mepercepat proses penyidikan.

Meski demikian, sampai dengan Minggu (7/8/2022) siang tadi, pihak Lapas tidak menemukan data nama yang dimaksudkan oleh Satgas Pamtas.

Baca juga: Ratusan Pelajar SLTA di Tarakan Ramaikan Lomba Gerak Jalan Indah Sambut HUT Ke 77 Republik Indonesia

Pihaknya masih akan terus melakukan pencarian dan menggali informasi demi membantu petugas.

“Kami juga akan berkoordinasi, bersinergi supaya penangkapan ada kaitannya dengan Lapas, akan kami bantu sepenuhnya. Apa yang bisa kami bantu dan support akan kami lakukan,” tegasnya.

Ia tak bosan menegaskan, Lapas Kelas IIA Tarakan sangat terbuka kepada aparat penegak hukum (APH) dari kepolisian, BNN dan TNI.

“Kami membuka diri apabila diperlukan,” tegasnya.

Bahkan ia melanjutkan, pada Sabtu (6/8) malam tadi, pihaknya kembali melaksanakan penggeledahan kamar warga binaan dalam rangka mewujudkan program zero handphone, pungli dan narkoba (zero halinar).

Dalam kegiatan ini seluruh personel dari anggota pengamanan dan staff dikerahkan untuk secara langsung memeriksa badan dan kamar hunian WBP secara teliti untuk memastikan kondisi kamar hunian yang aman dan tertib dari senjata tajam, alat komunikasi serta Narkoba dan obat-obatan terlarang lainnya.

Sesaat sebelum penggeladahan dilaksanakan Arimin menyampaikan informasi dan arahan kepada jajaran agar melaksanakan kegiatan dengan tertib dan kondusif sesuai dengan prosedur dan ketetapan (protap) Pengamanan.

Kegiatan rutin ini juga kata Arimin merupakan upaya Lapas Kelas IIA Tarakan dalam mendukung program Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba khususnya di lingkungan Lapas Kelas IIA Tarakan.

Di akhir kegiatan seluruh hasil barang bukti hasil penggeladahan dikumpulkan dan dilakukan pendataan/inventarisir oleh staff keamanan agar selanjutnya akan dilakukan pemusnahan.

Baca juga: Intip Penampakan Tiga Beruang yang Masih Bertahan di Hutan Kota Sawah Lunto Tarakan

“Benar, terkait razia tadi malam memang rutin dari Lapas laksanakan lakukan sidak penggeledahan untuk memastika keamanan dan tidak ada barang terlarang dalam Lapas,” jelasnya.

Dalam satu bulan belakangan ini tidak lagi menghitung jumlah berapa kali dilakukan dari normalnya biasanya seminggu dua kali.

“Sesering mungkin kami lakukan penggeledahan. Untuk memastikan lapas kita aman dan kondusif. Tadi malam semua personel dikerahkan, ditambah anggota jaga yang tidak berdinas kami terjunkan tadi malam,” pungkasnya.

(*)

Penulis: Andi Pausiah

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved