Berita Malinau Terkini

Satgas Pamtas Yonarmed 5/105 Tarik Isi Pos Perbatasan Malinau, Kondisi Cuaca Pengaruhi Mobilisasi

Satgas Pamtas Yonarmed 5/105 Tarik isi Pos Perbatasan Malinau, kondisi cuaca pengaruhi mobilisasi personel.

Penulis: Mohamad Supri | Editor: M Purnomo Susanto
TRIBUNKALTARA.COM / MOHAMMAD SUPRI
Komadan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-Malaysia, Mayor Arm Yan Octa Rombenanta saat ditemui di Stadion Utama Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Jumat (12/8/2022). 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia di Malinau dalam proses mobilisasi personel.

Batalyon Artileri Medan atau Yonarmed 5/105 Tarik tahun ini menggantikan Satgas Pamtas sebelumnya, Yonarmed 18/Komposit di Malinau.

Yonarmed 5/105 Tarik merupakan satuan bantuan tempur di bawah Komando Kodam III/Siliwangi ditugaskan menjaga perbatasan RI-Malaysia di Kaltara tahun 2022 ini.

Komandan Satgas Pamtas Yonarmed 5/105 Tarik, Mayor Arm Yan Octa Rombenanta menerangkan total personelnya adalah 450 orang.

Baca juga: Ribuan Warga Meriahkan Karnaval Budaya HUT ke-77 RI, Disebut Sejarah Terbesar Bagi Malinau Kota

Kegiatan Donor Darah Massal Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 5/105 Tarik di Gedung Olahraga Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Jumat (12/8/2022).
Kegiatan Donor Darah Massal Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 5/105 Tarik di Gedung Olahraga Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Jumat (12/8/2022). (TRIBUNKALTARA.COM / MOHAMMAD SUPRI)

Saat ini, mobilisasi personel menuju 8 pos perbatasan RI-Malaysia di Malinau dilaksanakan bertahap melalui moda transportasi udara.

"Kita ngisi 8 pos sepanjang Long Apung dan Apau Ping, Malinau. Ke wilayah menggunakan transportasi udara, pesawat. Termasuk ada juga di Perbatasan Krayan, dan di Mahulu," ujarnya, Sabtu (13/8/2022).

Yan Octa menerangkan sebelum berangkat ke lokasi pos perbatasan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Satgas Pamtas sebelumnya, terkait hal-hal yang perlu dilanjutkan dan dikoordinasikan.

Sementara ini, sebagian personil sedang disiapkan guna keberangkatan menuju ke pos perbatasan.

Menurutnya, distribusi prajurit ke pos perbatasan sangat bergantung dengan kondisi cuaca karena menggunakan moda transportasi udara.

Baca juga: Persiapan Upacara Bendera HUT RI Ke-77, Paskibra Malinau Adaptasi Perbedaan Lokasi Pelaksanaan

"Keberangkatan personel ke pos menggunakan jalur udara, jadi tergantung kondisi cuaca. Sebagian sudah berangkat, sebagian lagi menunggu transportasi," katanya.

(*)

Penulis : Mohammad Supri

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved